Teknik Pukulan Tenis Forehand

Agustus 31, 2007 at 9:58 am 83 komentar

Forehand, pukulan yang paling dasar dan paling mudah diajarkan dalam tennis. Forehand sendiri adalah pukulan yang ayunannya dari belakang badan menuju depan dan bagian depan raket atau telapak tangan kita berhadapan dengan bola.

Saya akan coba jabarkan gerakan dasar dari forehand klasik yang mudah untuk dipelajari bagi pemula. Bagi anda yang masih pemula, anda dapat menggunakan grip continental atau eastern dalam memegang raket tenis dan stance yang digunakan adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net. Berikut ini adalah gambar yang menunjukkan pergerakan dalam pukulan forehand klasik.

traditional-style.jpg

  • Gerakan dimulai dari pergerakan badan menuju arah bola dan kita telah menentukan tepatnya zona bola akan dipukul. Zona yang baik untuk memukul tenis dengan grip continental. (Gambar 1). atau eastern adalah pada daerah di depan badan anda, di daerah sekitar bawah perut.
  • Kemudian raket anda ayunkan ke belakang bersamaan dengan rotasi bahu tangan anda yang tidak memegang raket ke depan. Kaki kiri maju ke depan dan badan tegak lurus terhadap garis baseline atau net untuk melakukan closed stance (Gambar 2 dan 3).
  • Ketika bola telah masuk pada zona pukulan yang anda kehendaki, raket anda ayunkan ke depan menuju titik kontak antara bola dengan raket (Gambar 4).
  • Raket kontak dengan bola tenis dan usahakan bola harus berada pada sweetspot dari raket untuk kesempurnaan dari pukulan tersebut (Gambar 5).
  • Setelah terjadi kontak maka kita melakukan followthrough dengan cara raket tetap diayunkan hingga melintasi badan kita ke arah kira-kira jam 11 (Gambar 6).

Gerakan forehand berikutnya merupakan pukulan forehand yang digunakan oleh pemain-pemain modern jaman sekarang dimana perbedaan dengan cara klasik seperti di atas terletak pada pemilihan grip, stance, dan followthrough. Grip yang umumnya dipakai oleh petenis modern adalah semi-western atau full-western sehingga pukulan utama dari pemain saat ini kebanyakan adalah topspin. Kemudian stance yang digunakan adalah open stance dimana pemain bersiap memukul bola dengan posisi badan paralel terhadap garis baseline atau menghadap net. Mari kita lihat bagaimana pukulan forehand yang sekarang umumnya dilakukan.

modern-copy-2.jpg

  • Gambar ini diambil dari gerakan forehand Andy Roddick yang dimulai dari ayunan raket ke belakang (Gambar 1). Anda dapat melihat stance yang dipakai Andy Roddick adalah open stance dimana kaki kanan yang lebih dulu maju ke depan dan posisi badan paralel atau menghadap net.
  • Gambar 2 dan 3 raket mulai diayunkan ke depan menuju titik kontak bola dengan raket.
  • Raket sampai pada titik kontak dengan bola pada daerah sweetspot kepala raket (Gambar 4).
  • Setelah titik kontak bola dengan raket maka dilanjutkan dengan followthrough dimana raket diteruskan ke samping badan dengan gerakan seperti whiper mobil atau dinamakan “whiper whip” (Gambar 5 dan 6).

Jadi untuk pemain pemula saya sarankan mempelajari pukulan forehand dengan gerakan yang sederhana terlebih dahulu dengan ayunan yang klasik dan memakai grip continental atau eastern. Apabila anda telah dapat menguasai pukulan ini dengan baik dan dapat memukul bola melewati net dengan konsisten, maka anda dapat bereksperimen dengan mencoba grip lain seperti semi-western atau western. Umumnya seiring dengan perkembangan pukulan, maka footwork anda juga semakin baik dan anda bisa menyesuaikan footwork yang digunakan apabila ingin mencoba memukul dengan grip lain.
Satu contoh lagi berikut ini adalah pukulan forehand Federer yang memakai grip semi-western. Anda dapat meniru gerakannya sebagai contoh pukulan forehand modern yang sempurna.

SELAMAT MENCOBA :smile:

180px-federerblast.gif

 

Entry filed under: Forehand, Tennis Tutorials. Tags: , , .

US Open 2007 Quarter Final Prediction Teknik Pukulan Tenis Backhand

83 Komentar Add your own

  • 1. firman perdana putra  |  Agustus 31, 2007 pukul 7:45 pm

    mas,seumur hidup saya baru hari ini saya pegang raket tennis dan bermain di lapangan tennis.saya sedikit bingung untuk mengkoordinasikan tubuh saya karena saya terbiasa main badminton.hari ini saya belajar service,75% bola saya masuk,tetapi saya kesulitan untuk membalikan bola lawan.tangan saya seolah tidak bertenaga,mohon maaf kebetulan saya hanya belajar otodidak pada hari ini, karena pelatih saya belum ada.mohon petunjuk,terimakasih.dari firman perdana biro personel polda jabar bandung.

    Balas
  • 2. ronald  |  September 2, 2007 pukul 3:16 am

    mas firman, masalah dasar yang selalu dialami pemain badminton yang bermain tennis adalah pada ayunan. karena pada badminton kekuatan pukulan terletak pada pergelangan tangan, sedangkan pada tenis terletak pada swing / ayunan. coba perhatikan pada gambar paling atas. coba untuk mengayun raket lebih panjang ke belakang dan diikuti follow through seperti pada gambar ke 6. gambar 3 dan 6 akan sangat mempengaruhi tenaga pukulan anda. selamat mencoba!

    Balas
  • 3. rifki  |  September 3, 2007 pukul 9:07 am

    saya pun begitu.. dulu saya sebelum saya mulai bermain tenis, saya aktif bermain badminton (selain aktif sebagai atlet renang umur 9 tahun di Kotamadya Bandung).
    Seperti Bung Ronal kemukakan memang masalah utama yang saya rasakan adalah gerakan2 swing saya berasal dari pergelangan. Saran saya hal terbaik untuk membiasakan pukulan tenis ialah dengan drill (apabila memiliki seorang pelatih atau teman baik yang mau melakukannya). Alternatif yang murah dan bisa dilakukan setiap waktu yaitu berlatih memukul bola ke dinding. Ini mungkin terdengar sederhana tp sudah terbukti beberapa pemain dunia memulai pelatihan tenisnya dengan metoda ini, cotohnya Gabriela Sabatini.

    Balas
  • 4. prasso  |  September 3, 2007 pukul 2:37 pm

    Betul mas firman, saya setuju dengan kedua teman saya di atas. Salah satu yang krusial dalam bermain tenis adalah ayunan tangan. Anda harus membentuk satu ayunan penuh dimana tangan dan bahu anda ikut berotasi dan bukan pergelangan tangan. Anda bisa membaca tulisan anatomi pukulan tenis untuk belajar tahapan apa saja dalam pukulan tenis dan jangan lupa posisi tangan dalam memegang raket berbeda pula dengan bulu tangkis (dapat dibaca di Teknik dasar bermain tenis/ grip). Dan yang terakhir adalah mencobanya di lapangan….have fun!!!

    Balas
  • 5. sar  |  September 10, 2007 pukul 8:48 pm

    saya adalah petennis pemula tapi belum tahu tekhnik melakukan serve yang baik dan benar, mohon petunjuknya ya mas….!!!
    karena selama ini saya lebih sering melakukan drill dengan rekan-rekan secara otodidak, tapi tidak tahu bagaimana memulainya secara benar menurut teori dan kebetulan tulisan mas mengenai grip dan anatomi pukulan tennis banyak membantu saya dan rekan-rekan dilapangan.
    Salam….!!!

    Balas
  • 6. prasso  |  September 11, 2007 pukul 2:27 pm

    Salam kenal mas Sar!
    Tenang aja mas, nanti saya pasti akan tulis tentang teknik servis yang baik dan macam-macamnya. Intinya sih kalau mau mukul servis yang baik, anda bisa latihan tos atau melemparkan bola secara konsisten pada titik pukulnya (agak di depan badan anda) dan konsentrasi dalam timing ayunan raket memukul bola. Memang, latihan serve membutuhkan beberapa saat untuk sampai pada tos dan ayunan yang konsisten serta nyaman bagi anda. Selamat mencoba….

    Balas
  • 7. husni  |  November 14, 2007 pukul 3:41 pm

    Bagi yang ingin belajar dan memperdalam tenis (forehand,backhand, serve, volley, return of serve, strategi, dll) melalui DVD bisa meng-klik http://www.geocities.com/dvd_tenis

    trims,
    husni

    Balas
  • 8. yaksa  |  Januari 1, 2008 pukul 11:49 am

    saya ingin jadi pelatih anak-anak saya kira-kira bagaimana pendapat mas ?

    Balas
  • 9. yaksa  |  Januari 1, 2008 pukul 12:01 pm

    salam kenal mas,
    saya pemain tenis alami maksudx tanpa pelatih sehingga permainan saya sering berubah-ubah (sering bagus dan juga tidak bagus) penilaian saya ataupun orang lain, mohon pendapat mas;

    Balas
  • 10. dery anggoman  |  Januari 1, 2008 pukul 9:11 pm

    salam kenal sy dery baru gabung thx bgt infonya sangat bermanfaat banget

    Balas
  • 11. prasso  |  Januari 2, 2008 pukul 10:19 am

    @Yaksa
    Salam kenal juga!!! Tidak ada cara yang lebih baik untuk memperbaiki pukulan tenis anda selain dengan drill. Kenapa para atlit bisa bermain sempurna dengan pukulan yang konstan? Jawabannya ya karena mereka banyak berlatih drill, memukul bola berulang-lang kali sehingga mencapai pukulan yang konstan.
    Untuk melatih anak-anak itu susah-susah gampang, apalagi kalo dapet yang mbuandel-mbuandel hehe….Anda bisa mengawalinya dengan mengajarkan mereka dasar-dasar tenis yang mudah dan interesting, seperti lempar-tangkap bola, mendrible bola dengan raket dll. Referensinya bisa anda dapatkan di toko buku seperti Gramedia atau Gunung Agung atau bisa juga searching dari internet. Intinya buat latihan semenarik mungkin bagi anak kecil agar mereka selalu ingin latihan lagi, kalau sudah besar sedikit bolehlah di”siksa” dengan latihan yang agak fisik :-)

    Cheers,
    Prasso

    Balas
  • 12. prasso  |  Januari 2, 2008 pukul 10:19 am

    @dery
    Selamat bergabung juga mas, sering-sering main ke blog saya yang reyot ini yah ;-)

    Balas
  • 13. yaksa  |  Januari 8, 2008 pukul 7:01 pm

    terima kasih atas pendapat atau masukan yang membuat saya termotivasi untuk maju kedepan.

    salam olahraga

    yaksa gorontalo.

    Balas
  • 14. yaksa  |  Januari 8, 2008 pukul 7:18 pm

    mas kalo boleh tahu apa di Jakarta ada tempat jual CD atau DVD cara-cara bermain tennis, soalx saya ingin beli langsung (datang ketempat itu) kalau melalui Mas Gumilang terlalu lama nyampenx dan juga saya ingin cari tahu tempatx di Jakarta.

    terima kasih

    Yaksa Gorontalo

    Balas
  • 15. prasso  |  Januari 9, 2008 pukul 11:22 am

    @Yaksa
    Nah itu mas, sampe sekarang saya belum dapet referensi dimana beli CD/DVD di pasaran bebas. Sangat jarang kalo boleh dibilang langka.

    Balas
  • 16. Cov  |  Januari 20, 2008 pukul 9:31 pm

    Pukulan Flat itu beda dimana ya cara mukulnya? Grip forehand gue masih pake Fore Eastern, n selama ini cuma diajarkan pukulan spin, katanya pukulan Flat itu salah jd ngga diajarkan, tp ketika gue main sama org yg pukulannya flat, kerasa bgt berat bolanya

    Balas
  • 17. Gatot  |  Februari 7, 2008 pukul 7:31 pm

    salam kenal,
    saya baru belajar tenis, saya ingin mencari dvd maupun buku teori dasar bermain tenis. Untuk itu saya ingin bertanya dimana saya dapat mendapatkannya dan berapa kisaran harganya
    Terima kasih

    Balas
  • 18. prasso  |  Februari 12, 2008 pukul 9:28 am

    @Gatot
    Salam kenal juga mas :-) Maaf nih baru sempet mbalesi komen-komen yang baru dari minggu lalu.
    Kalo DVD coba liat di http://www.geocities.com/dvd_tenis
    dan saya kira untuk buku teori dasar bisa anda dapatkan di toko buku besar seperti Gramedia atau Gunung Agung, namun info harganya saya kurang tahu.

    Cheers,

    Balas
  • 19. MEKA YULIANTO  |  Maret 5, 2008 pukul 11:25 am

    salam kenal,sya baru saja mempelajari tenis. ternyata tenis sangatenyenangkan ya…tolong ajarin saya byar bisa main tenis dengan baik.

    Balas
  • 20. anael  |  Maret 24, 2008 pukul 11:05 am

    Huraian di atas sedikit sebanyak membantu asigment saya. NAmun ia akan lebih mantap sekiranya ia dihuraikan dengan kemahiran asas seperti di bawah beserta ilustrasi setiap asas di bawah:
    􀁸 Grip/cara pegangan
    􀁸 Pukulan hadapan
    􀁸 Pukulan kilas
    􀁸 Volley
    􀁸 Servis
    􀁸 Smesy
    􀁸 Lob

    Balas
  • 21. Ikman  |  Maret 25, 2008 pukul 1:45 pm

    mas praso
    Saya seorang pemula, menyukai pukulan forehand spin, namun kenapa apabila pukulan saya dengan full power, bola cenderung melambung dan out, meski saya memukul dari baseline.
    Ada yang bilang saya harus memusatkan tenaga pada sabetan (brush) sehingga bola lebih parabolik.
    Saya pake raket Wilson Hammer 17 tarikan 60, apakah untuk pemain yang cenderung spin harus menggunakan tarikan yang lebih kecil?
    Rgrds,

    Ikman

    Balas
  • 22. Ikman  |  Maret 25, 2008 pukul 1:47 pm

    tambahan saya pake semi western grip untuk forehand spin
    Ikman

    Balas
  • 23. prasso  |  Maret 26, 2008 pukul 10:55 am

    @Ikman
    Salam kenal ya mas Ikman :-)
    Dari keterangan anda saya kira anda punya masalah dengan ritme dan konsistensi dalam melakukan pukulan. Susahnya tenis adalah selalu menjaga kesinambungan antara persiapan-ayunan-kontak-followthrough. Salah satu saja ada yang tidak dilakukan maka bisa mengurangi kualitas pukulan anda, termasuk masalah power.
    Ada anggapan bahwa spin itu di hasilkan dari pukulan sabetan, nyatanya tidak sepenuhnya benar. Bola akan bereaksi akibat aksi dorongan dari raket dan putaran bola dihasilkan akibat gesekan antara bola dengan raket. Nah, pukulan spin itu hasil dari dorongan + gesekan. Bagaimana kita melakukannya? kita ayun raket dari bawah ke atas kemudian followthrough (lihat gambar Forehand Roddick di atas). Kemudian bagaimana menghasilkan power dorongannya? lihat gambar 4 di dua gambar di atas antara lengan dan raket tercipta sudut hampir 90 derajat, jadi pergelangan tangan di tekuk sedikit, ini akan memberikan momentum yang lebih besar ketika kontak bola dengan raket. Satu lagi, pada saat kontak raket dengan bola, posisi raket tegak lurus terhadap tanah atau sedikit ditutup sehingga yang di brush (gesek) adalah sisi bola yang menghadap raket. Untuk lebih jelasnya dalam bentuk gerakan, coba lihat pemain pro yang sedang memukul forehand dalam gerakan lambat dan cermati gerakannya di artikel saya yang berjudul forehand dalam gerakan lambat

    Balas
  • 24. lutvie  |  Mei 25, 2008 pukul 4:42 pm

    kurang lengkapcoyyyyyyyyy…….

    Balas
  • 25. M. Al' Amin  |  Juli 26, 2008 pukul 11:51 am

    bagus sekali trik dan intriknya.trims

    Balas
  • 26. roby  |  Agustus 23, 2008 pukul 11:47 pm

    bagi para pemula tenis agar mudah mengerti tentang tenis kita harus menjiwai tenis itu sendiri dengan menanamkan rasa hobi dengan tenis.. selalu berlatih dan ngak malu untuk mencoba itu memudahkan kita buat bisa mengerti dengan tenis. tenis adalah olahraga yang indah karna tenis merupak perpaduan dari beberapa gaya dari oalhraga lain, lentik dan kelenturan badan mempengaruhi setiap pukulan.. selamat mencoba. salam dari saya bagi para pecinta tenis. piss ” salam olahraga “

    Balas
  • 27. MUFLIZAR  |  September 13, 2008 pukul 2:26 pm

    coba 2 dulu om

    Balas
  • 28. SYAMSIR SULEMAN  |  Oktober 26, 2008 pukul 4:31 pm

    terima kasih ,, ,,

    taz tehnik2 nya ,, ,,

    Balas
  • 29. syarif  |  November 17, 2008 pukul 10:34 am

    mas prasso atau rekan2 sekalian, saya mau tanya tempat kursus tennis yg ada di bandung, mungkin rekan2 punya rekomendasi tempat yg bagus? thanks

    Balas
  • 30. arison  |  Desember 19, 2008 pukul 11:40 am

    wah…makasih banyak mas info tentang tenis,saya pemula dan masih banyak perlu belajar baik teori maupun praktek….

    Balas
  • 31. jihan  |  Januari 8, 2009 pukul 11:40 am

    mas prass,saya mau tanya pemanasan apa aja yang digunakan sebelum bermain tenis

    Balas
  • 32. yosmedi  |  Januari 30, 2009 pukul 3:12 pm

    thanks, dipraktekan dulu yach…….

    Balas
  • 33. mastuti  |  Januari 31, 2009 pukul 7:25 am

    assalamu alaikum wr.wb.Saya penggemar tenis..saya ingin menayakan bagaimana sich supaya dalam bermain tidak down dalam bermain dan boleh nggak minta trrip bermain tenis dengan baik

    Balas
  • 34. khotob.ismail  |  Februari 14, 2009 pukul 11:06 pm

    terimah kasih atas informasinya

    Balas
  • 35. khotob.ismail  |  Februari 14, 2009 pukul 11:08 pm

    thanks

    Balas
  • 36. khotob.ismail  |  Februari 14, 2009 pukul 11:13 pm

    saya berasal dari bengkulu, khususnya di kabupaten lebong yang lokasinya di Muara Aman umur saya 17 kelas 3 SMA dan sudah 2 tahun bermain tennis tetapi sayang hanya alamiah maksudnya tidak membayar pelatih . tetapi saya berharap nantinya saya lebih banyak tahu lagi tentang bermain tennis agar saya bisa sukses.terimah kasih

    Balas
  • 37. Aris  |  Maret 1, 2009 pukul 12:52 pm

    grip semi western kok ga dijual dimn2 ya ?

    Balas
  • 38. heLL  |  Maret 1, 2009 pukul 2:12 pm

    hoaaaaa….

    Balas
  • 39. lucid  |  Maret 2, 2009 pukul 11:10 am

    artikel bagus.. terimakasih :mrgreen:

    Balas
  • 40. Oca  |  Maret 16, 2009 pukul 3:13 pm

    Saya sebenarnya pemain tenis meja baru-baru ini tertatik dengan olahraga tenis apa teknik pukulannya antara keduanya jauh berbeda atau hampir sama, tolong informasinya yaaaa.

    Balas
  • 41. andrew  |  Maret 16, 2009 pukul 11:47 pm

    ..saya blum lama maen tenis,,belajarnya sich ama teman yang memang pemain…mau nanya,,buat saya yg masih trmasuk pemula raket tipe apa dan spek nya gimana yang cocok??(oversize/midsize,,berat/ringan,,dll)..skarang sich masi pake Wilson Triad 3 ama Babolat ReFlex 105..

    Balas
  • 42. ROZZAQ  |  Maret 21, 2009 pukul 9:11 pm

    thx, saya dari FIk UNESA numpang ngopy materi, moga2 teman2 saya nyampek di blog ini, maklum lagi nyelesaikan tugas.trims

    Balas
  • 43. deddy  |  Maret 29, 2009 pukul 4:52 pm

    gini mas, saya pengen nanya cr pukulan service yg benar itu gimana ya?slama ni service saya msh skitar 70% aja keakuratanx dan pengen ditingkatkan lagi ni…

    Balas
  • 44. Adi.Setiawan  |  Juni 27, 2009 pukul 10:55 pm

    Saya Pemain tennis,cm forehand saya tidak setajam dan se pd backhand saya.knp bisa demikian?

    Balas
  • 45. annisa exsarika  |  Juli 31, 2009 pukul 2:10 pm

    saya hobi main tapi karena tugas kita di tni menbuat pukulan kaku dan tidak lues, hal ini juga dirasakan pada rekan-rekan kerja , bagai mana cara mengatasinya bapak/ibu yang lebih tau masalah kelenturan fisik

    Balas
  • 46. Syaiful Amri Nst  |  Agustus 25, 2009 pukul 8:37 pm

    Saya sangat berterima kasih karena dapat menambah
    wawasan saya seorang pemain tennis

    Balas
  • 47. eri  |  September 13, 2009 pukul 10:28 pm

    Saya mau share dg ms Adi S….kejadian yg mas alami sama dg saya…kele,ahan sy adalah pada saat memulul fore hand…apa;agi bola lawan jnis spin yg cenderung malambung tinggi, saya pasti kesulitan. Demikian jg dg pukulan forehand pada saat bola jatuh di “wilayah serang”..saya tidak dapat memulul forehand dg keras…tolong kalo ada yg bs kasih saran…trims

    Balas
  • 48. sultan  |  November 11, 2009 pukul 2:39 pm

    mas… sy menekuni hampir smua olah raga & yg paling menyenangkan adalah tennis, sy mengenal dan belajar tennis tanpa seorang pelatih (alamiah) & pukulan pertama sy lakukan di tembok/dinding & nonton, skarang sudah bisa sdikit-sdikit, dan yang paling susah sy lakukan adalah memukul backhend dan memukul bola didepan ten (voli), tolong sarannya dongg spaya sy bisa mukul sperti orang2……….. trims sebelumnya.

    Balas
  • 49. ariberbagi2  |  November 14, 2009 pukul 11:07 am

    Thank’s banget pak kontensnya. ni sangat membantu buat kerjain tugas saya yang kebetulan kuliah di JPOK UNS. Salam kenal za pak!!!!!

    Balas
  • 50. sandro_ilham@yahoo.com  |  November 30, 2009 pukul 8:11 pm

    mas, tolong aku ya ..? aku dapat tugas disuruh dosen menjelaskan tata cara urutan gerakan groundstroke untuk forehend dan backhand.

    Balas
  • 51. andipinky  |  Desember 8, 2009 pukul 6:41 pm

    makasihmas dengan adanya gambar di atas membantu saya dalam melakukan pukulan forehand

    Balas
  • 52. roby daniel rianto  |  Januari 5, 2010 pukul 12:05 am

    thanks banget buat info grip forehand nya, saya newcomer nih di tennis, baru menekuni 3 bulan, dan baru akhir-akhir ini saya sewa jasa pelatih saking “candu”nya dengan tennis…

    Balas
  • 53. ipin  |  Januari 7, 2010 pukul 7:16 pm

    wahhhh

    Balas
  • 54. andipinky  |  Januari 7, 2010 pukul 8:36 pm

    makasih mas berkat informasi ini saya bisa menyelesaikan tugas tenis untuk syarat ujian akhir semester karena saya lagi kuliah T &P TENIS II.

    Balas
  • 55. tejo  |  Januari 18, 2010 pukul 9:37 pm

    Halo salam kenal, saya mulai berlatih tennis pada bulan Oktober 2009 sampai sekarang. Pertanyaannya bagaimana agar otot kedua tangan saya sama kuat, krn saya setiap bermain tennis selalu menggunakan tangan kanan maka terlihat otot lengan kanan saja yg besar als berat sebelah.

    Balas
  • 56. knowboo  |  Februari 4, 2010 pukul 10:36 am

    trims atas info nya mas…
    slm knl….

    Balas
  • 57. yana  |  Februari 13, 2010 pukul 11:49 am

    saya xpnah main teis pun,, saya teringin sgt nak main tenis tapi saya xtaw mcm mn? ada org bleh tlomg saya x????!!!!!

    Balas
  • 58. dozak's  |  Maret 22, 2010 pukul 2:47 pm

    Saya mulai belajar tenis setelah dewasa, dimulai dengan badminton gak lama pindah ke tenis… sampai sekarang masih belajar tenis dan gabung bersama kleb tenis. Teknik dasar sangat penting untuk pembentukan karakter pukulan.

    Balas
  • 59. Adiba najihah  |  Maret 27, 2010 pukul 9:41 pm

    Assalammualaikum,saya adiba najihah berumur 12 dari dungun,terengganu.Saya bermain tennis sejak berumur 7 thn.Saya berlawan tennis di Kuala Lumpur.Saya mendapat tempat ketiga.Sejak saya berumur 9 thn saya berhenti bermain tennis kerana saya tidak sanggup lagi…Kini saya berumur 12 thn..Saya ingin menyambung bermain tennis semula.Saya bersekolah di Sekolah Kebangsaan Sultan Omar…Saya harap kamu semua boleh memberi sokongan untuk saya..Wasalam..

    Balas
  • 60. ahmad firdaus  |  April 13, 2010 pukul 7:30 am

    assalamuaaikum
    saya sudah bermain tenis otodidak kl 5 th.
    seperti yg diakui oleh teman bermain saya memiliki pukulan spin backhand yang bagus namun spin forehand saya kurang baik.
    bagaimana saya bisa menyeimbangan kedua pukulan tersebut shg spin forehand saya menjadi baik?
    latihan apa saja yang perlu dilakukan?

    Balas
  • 61. Nurkadri  |  April 14, 2010 pukul 11:16 am

    Bagus mas tapi memang kuraNG LENGKAP, begitupun mas saya berterimakasih bisa buat referensi tulisan saya. Mas kira-kira memiliki buku panduan atau CD buat latihan dasar tenis terutama porhaen……

    Balas
  • 62. Medi  |  April 15, 2010 pukul 8:16 pm

    wah terima kasih mas,..cukup berguna,..saya lagi mulai maen tennis

    Balas
  • 63. tika  |  Mei 15, 2010 pukul 7:24 am

    saya pengen pinter maen tenis tapi saya gag kuat mukulnya karena raketnya kegedean dan berat bangat buat saya adi gimana caranya supaya saya juga pinter maen tenis kaya temen2 saya dengan permasalahan yang kayak gini????????

    Balas
  • 64. jejadu  |  Mei 29, 2010 pukul 6:39 pm

    salam…………………….saya telah bermain tenis sejak saya berusia 9 thn..ttapi,hngga kini saye msh blm dpt kuasai pukulan backhand yg btl,tapi pukulan frehand topspin sye tlah mncapai kgmilangan dgn itu sye ingin thu teknik pukulan bckhand yg btl….ado sapo leh bntu………………..dri tampin….

    Balas
  • 65. Keping Hidup  |  Juni 5, 2010 pukul 1:05 am

    hebat

    Balas
  • 66. ilham  |  Juni 12, 2010 pukul 8:37 am

    saya dlam bermain tnis sngat blum mtang utk forhen and bekhen saya gmna biar sya mntap di forhen dan bekhen…….?

    Balas
  • 67. nikita  |  September 19, 2010 pukul 8:55 am

    pegangan raket bulu tangkis dengan cara raket diletakkan dilantai dan dipegang menyerupai gebuk kasur dinamakan pegangan cara…..

    Balas
  • 68. nikita  |  September 19, 2010 pukul 8:57 am

    pegangan raket bulu tangkis dengan cara raket diletakkan dilantai dan dipegang menyerupai gebuk kasur dinamakan pegangan cara….. :)

    Balas
  • 69. nikita  |  September 19, 2010 pukul 8:58 am

    :) :( :* :P :O :D (^^^) ^_^

    Balas
  • 70. gw  |  Oktober 4, 2010 pukul 4:17 pm

    tai lo yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    Balas
  • 71. Tugas Tennis Lapangan « dovanachmad  |  Oktober 27, 2010 pukul 8:58 pm

    [...] 4. Teknik Pukulan Tenis Forehand [...]

    Balas
  • 72. ROHIM  |  November 2, 2010 pukul 3:25 pm

    ENGGA NYAMBUNG

    Balas
  • 73. iman  |  November 19, 2010 pukul 9:16 pm

    mas ,,apakah ada perbedaan antara westem grip dan continental dan bagaimana agar kita mudah membedakannya ?trmksh

    Balas
  • 74. syaiful  |  November 25, 2010 pukul 1:53 pm

    salam kenal dari lampung…

    Balas
  • 75. Agoeng  |  Januari 24, 2011 pukul 12:15 pm

    Boz, gimana cara menyembuhkan rasa sakit yang terjadi pada siku setelah bermain tenis ?

    Balas
  • 76. Jenal Mutakin, S.Ag  |  Maret 26, 2012 pukul 2:18 pm

    Saya suka bermain tenis tetapi sudah berlatih tetapi pekerkembangan saya tidak ada perkekmbangan dan kalau lagi main lapak tangan suka basah dengan keringat bagaimana caranya supaya tangan saya tidak basah

    Balas
  • 77. Jenal Mutakin, S.Ag  |  Maret 26, 2012 pukul 2:21 pm

    saya sudah lama belajar tenis tetapi perkembangan saya kurang begitu menggembirakan bagaimana caranya supaya cepat-cepat bisa dan bagus

    Balas
  • 78. Bhayu Senoaji Dwi P  |  Mei 8, 2012 pukul 12:21 am

    ingin dvd / video olahraga (tenis, sepak bola, bola basket, tenis meja, renang, bulutangkis, dll) terlengkap? kunjungi saja situs DVDolahraga.com

    Balas
  • 79. budi saja  |  Mei 23, 2012 pukul 11:22 am

    Terima kasih mas, atas tulisannya, saya ijin ngopi ya.. karena saya sedang belajar main tenis lapangan, mudah2an banyak manfaatnya untuk semuanya.

    Balas
  • 80. amira sutrisno  |  Oktober 26, 2012 pukul 1:12 pm

    Terimakasih! saya jadi bisa lebih mengetahui cara bermain tennis yang paling bagus

    Balas
  • 81. joe  |  Desember 26, 2012 pukul 11:39 am

    agar cepat bisa senangi olahraga tenis dan sering latihan,,,dari pengalaman yang ada bnyak org bisa karna kemauan untuk bisa yang tinggi,,harus serius saat latihan,,

    Balas
  • […] Agustus 31, 2007  […]

    Balas
  • 83. 93arif  |  Agustus 10, 2014 pukul 6:14 am

    Hi salam kenal
    saya mempelajari tenis dengan otodidak hanya beberapa kali diawal saya belajar tenis belajar dengan pelatih. Tapi 2 tahun saya belajar dengan mempelajari beberapa artikel dan video serta beberapa dvd. Selama saya belajar banyak kendala yg saya hadapi dan saya menemukan beberapa solusi untuk mengatasinya. Saya coba menulisnya dan menyajikan video pembelajaran dalam blog saya
    ilmu-sport.blogspot.com
    silahkan kunjungi
    terima kasih

    Balas

Berikan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2007
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them ‘Love’ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They don’t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 4

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 10

Federer-Nadal 21

More Photos

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 633,466 aces

Kampanye “TF”


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

