Teknik Pukulan Tenis Backhand

September 6, 2007 at 11:07 am 12 komentar

Backhand, Pukulan dasar kedua dalam bermain tennis. Backhand adalah pukulan yang diayun dari seberang badan menuju depan atau menggunakan bagian belakang dari raket untuk memukul bola dan telapak tangan anda membelakangi bola.

Saat ini terdapat dua jenis pukulan backhand yang populer digunakan, yaitu: backhand menggunakan satu tangan dan backhand menggunakan dua tangan. Masing-masing pukulan memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, saat ini pukulan backhand dua tangan lebih banyak dipakai oleh pemain pro karena efektivitasnya. Saya akan coba membahas kedua teknik pukulan ini satu per satu.

1. Backhand satu tangan

Terdapat beberapa keuntungan dalam memakai backhand satu tangan. Pertama, anda memperoleh keuntungan dari jangkauannya yang panjang sehingga bola-bola yang melebar dapat ditangani dengan lebih mudah. Kedua, lebih mudah untuk melakukan voli dari grip satu tangan dan umumnya pemain yang memiliki backhand satu tangan lebih jago dalam memukul voli daripada pemain yang memiliki backhand dua tangan. Terdapat 2 jenis grip yang dapat anda pakai dalam melakukan backhand dua tangan, yaitu eastern dan full-eastern (western) grip. Anda dapat melihat detilnya di sini.
Tahap-tahap gerakan backhand satu tangan adalah sbb:

Dari posisi bersiap, anda bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan serta grip yang akan anda pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand satu tangan yang baik adalah agak di depan badan anda.

_40790592_back_top_spin_1.gif

Raket diayunkan ke belakang beserta bahu dan punggung anda. Stance yang dipakai dalam backhand satu tangan umumnya adalah closed stance dimana posisi badan tegak lurus terhadap net atau garis baseline.

_40790596_back_top_spin_3.gif

Raket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada pada sweetspot dari raket. Ingat, titik kontak sebaiknya berada agak di depan badan dan bukan di samping.

_40790598_back_top_spin_4.gif

Kemudian ayunan diteruskan untuk melakukan tahap followthrough kira-kira ke arah jam 2 badan anda.

_40790602_back_top_spin_anim.gif

2. Backhand dua tangan

Backhand ini merupakan yang paling populer digunakan oleh pemain tenis saat ini. Keuntungan dari grip ini adalah ayunannya yang efisien dan tenaga ekstra yang dihasilkannya karena menggunakan dua tangan. Namun, kekurangannya terutama dalam menghadapi bola-bola yang melebar dikarenakan tumpuan ayunan yang menggunakan 2 bahu. Grip yang dipakai dalam melakukan pukulan ini adalah tangan kanan berada pada ujung gagang raket dengan grip continental dan tangan kiri berada di atasnya dengan grip semi-western. Untuk selengkapnya dapat anda baca di sini. Tahapan untuk melakukan backhand dua tangan adalah sbb:

Dari posisi bersiap, anda bergerak ke arah bola datang dan telah menentukan zona pukulan serta grip yang akan anda pakai. Zona pukulan untuk pukulan backhand dua tangan yang baik adalah di samping badan anda di sekitar daerah pinggang.

_40790742_back_hand_2.gif

Raket diayunkan ke belakang pada posisi kira-kira sejajar pinggang anda. Stance yang dipakai dalam backhand dua tangan umumnya closed stance, namun dapat pula dilakukan dengan open stance.

_40790744_back_hand_3.gif

Raket diayunkan ke depan menuju titik kontak dengan bola dan usahakan kontak berada pada sweetspot dari raket. Dalam ayunan ke depan ini, tangan kiri memegang peran yang dominan sedangkan tangan kanan sebagai penyeimbang dan pengarah bola.

_40790746_back_hand_4.gif

Kemudian ayunan diteruskan ke samping badan anda hingga raket ke arah punggung untuk melakukan tahap followthrough.

_40790738_back_hand_anim1.gif

Bagi pemula yang mungkin pernah bermain bulutangkis atau tenis meja, cenderung agak janggal ketika berlatih tenis terutama untuk pukulan backhand dua tangan karena pukulan ini menggunakan tangan yang non dominan sebagai utamanya sedangkan tangan dominan sebagai penyeimbang dan pengarah bola. Untuk melatihnya anda bisa mencoba berlatih memukul forehand memakai tangan non-dominan anda. Apabila anda telah dapat memukul dengan baik dan konsisten, barulah mencoba untuk memukul dengan 2 tangan.

Selamat Mencoba :smile:

About these ads

Entry filed under: Backhand, Tennis Tutorials. Tags: , , .

Teknik Pukulan Tenis Forehand US Open Mens Final

12 Komentar Add your own

  • 1. black  |  Desember 6, 2007 pukul 9:39 am

    steel satae pak

    Balas
  • 2. wisnoe  |  Januari 4, 2008 pukul 6:58 am

    A very useful input! Belajar backhand ternyata susah ya, kalo nggak sering nyangkut net eh malah out jauh banget. Bisa kasih tips tambahan untuk kontrol raket yang baik untuk backhand stroke mas? Kayaknya kontrol raket pada backhand jauh lebih sulit dari forehand.

    Another thing, tips buat back hand slice-nya koq belum ada ya? Ato saya belum ketemu kali.

    Thanks Bung Ronald,
    Wisnoe

    Balas
  • 3. Ikman  |  Maret 25, 2008 pukul 2:03 pm

    Mas prasso ini Ikman lagi
    Saya mao coba backhand spin dengan satu tangan, tapi kok gk pernah PD ya? sehingga pada waktu maen saya saya pake slice terus sehingga hasil pukulan selalu tanggung dan langsung di “lahap” lawan dengan volley di depan net.
    Masalahnya saya kok gk pernah dapet posisi bola datang yang tepat. Saya coba backhand spin tetapi selalu net, ada saran?

    Balas
  • 4. prasso  |  Maret 26, 2008 pukul 11:29 am

    @Ikman
    Halo mas Ikman,
    Sebenarnya gak pernah PD karena jarang latihan kali pake backhand drivenya hehe…dan kadang kalo pas lagi maen secara psikologis kita takut bolanya keluar ato nyangkut net, ini yang perlu diperbaiki. Memang backhand satu tangan itu lebih susah dari dua tangan terutama karena anda harus bersiap menarik tangan anda benar-benar sebelum bola itu datang karena ayunan backhand satu tangan itu lebih panjang dari dua tangan. kemudian hitting zone-nya pun di depan badan kita sehingga kalau lewat itu pukulan jadi kacau. Jadi kuncinya coba temukan hitting zone yang nyaman bagi anda latihlah secara perlahan, bisa dengan partner pukul-pukulan di dalam garis service. Pelan-pelan saja dulu yang penting konsisten baru dicoba main panjang dari baseline.

    Balas
  • 5. thomas  |  Oktober 23, 2008 pukul 4:40 pm

    Backhand flat itu pegengannya seperti apa sih ? tks ya pak

    Balas
  • 6. ivan  |  November 14, 2008 pukul 10:30 am

    Hai…..bung prasso !
    kita pingin tahu bagaimana cara memilih raket yang cocok bagi kita ?

    Balas
  • 7. Juius  |  Februari 10, 2009 pukul 1:55 pm

    Aduh gimanan ya backhand slice aku bolanya jayh keatas

    Balas
  • 8. natsir  |  Februari 23, 2009 pukul 9:26 pm

    hai bung prasso.
    forehand dan backhand saya dua tangan, saya senang dengan powernya, tapi saya sangat kewalahan menghadapi bola yang melebar, begitupun dengan bola2 baseline yang mengarah ke kaki. mohon sarannya untuk mengatasi ini. thanx

    Balas
  • 9. ROZZAQ  |  Maret 21, 2009 pukul 9:14 pm

    arek2 FIK Unesa wajib teko ning iki blog.trimzz

    Balas
  • 10. Imey  |  Desember 19, 2009 pukul 2:44 pm

    gimana ya caranya biar kalo megang raket pas backhand tu ga muntir2 n tetep konsisten? Masalahnya aku kalo backhand posisi telapak tangan yang pegang raket tadinya udah bener lama-kelamaan kalo udah mukul lama tu jadi pegangan raketnya berubah jadi mukulnya ga bisa maksimal lagi????????????? Tolongin dunk….!!!! makacieh…

    Balas
  • 11. vhariss  |  Januari 7, 2010 pukul 11:30 pm

    thank’s tugasq uda slsai,,

    Balas
  • 12. Tugas Tennis Lapangan « dovanachmad  |  Oktober 27, 2010 pukul 8:58 pm

    […] 3. Teknik Pukulan Tenis Backhand […]

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them ‘Love’ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They don’t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 4

Federer-Nadal 27

Federer-Nadal 6

More Photos

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 656,917 aces

Kampanye “TF”


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: