Teknik Pukulan Servis Tenis

September 17, 2007 at 8:49 am 46 komentar

Servis merupakan pukulan pembuka permainan. Oleh karena itu, pukulan pionir ini sangat penting bagi kita untuk dapat menguasainya. Sebenarnya terdapat beberapa teknik servis. Namun yang akan saya paparkan di sini hanya dasarnya saja dan tentunya disertai oleh ilustrasi agar mudah untuk dimengerti.

Pertama kali yang harus dilatih adalah koordinasi tangan ketika akan melemparkan bola untuk memulai serve. Anda harus dapat melempar bola (toss) secara konsisten pada satu tempat yang sama. Toss yang baik untuk servis adalah agak di depan kepala anda dan lemparkan bola lurus ke atas. Anda dapat melatihnya dengan menggambarkan lingkaran di lantai dan melakukan toss hingga tempat jatuhnya bola selalu berada pada tempat yang sama.

_40782762_rusedski_1_298.gif

Adapun tahap untuk melakukan servis adalah:
Berdirilah di belakang garis baseline dan pusatkan pikiran anda untuk mengarahkan bola pada daerah servis lawan. Posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang dengan arah kaki paralel dengan garis baseline. Grip yang dipakai untuk melakukan servis dalam hal ini adalah grip continental.

_40781660_serve_side_2.gif

Lemparkan bola ke atas kira-kira agak di depan kepala anda setinggi kurang lebih 20-30 cm. Kunci toss yang baik adalah tangan anda yang melempar bola harus lurus ke atas sehingga trayek bola pun lurus. Pada saat ini transfer berat badan anda ke kaki belakang.
Bola telah melambung dan anda mulai mengayunkan raket ke belakang. Selalu fokuskan mata anda pada bola dan gunakanlah tangan yang melempar sebagai patokan dalam memukul bola.

_40781662_serve_side_3.gif

Pada saat bola sudah sampai pada titik kontaknya, raket diayunkan ke depan. Pada saat ini buang berat badan anda dari kaki belakang ke kaki depan untuk memberikan tenaga pada pukulan servis anda.

_40781664_serve_side_4.gif

Setelah kontak dengan bola lakukan followthrough dan bersiap kembali pada posisi untuk melakukan pukulan berikutnya.

_40781666_serve_side_5.gif

Untuk melakukan servis yang konsisten dan terarah memang agak sulit bagi pemula. Namun, dengan latihan dan pengalaman anda akan terbiasa melakukan pukulan servis. Di dunia tenis profesional, pemegang servis merupakan sebuah keuntungan karena pemain tersebut dapat mengontrol permainan melalui servis yang keras dan akurat. Untuk level pemain rekreasional seringkali kita jumpai servis malah merupakan kerugian dan seringkali poin terbuang percuma karena dua kali membuat kesalahan ( double fault ). Karena itu berlatihlah yang baik untuk pukulan yang satu ini.

Selamat Mencoba….!!! 

About these ads

Entry filed under: Servis, Tennis Tutorials. Tags: , , .

US Open Mens Final Peraturan permainan tenis

46 Komentar Add your own

  • 1. sab  |  September 17, 2007 pukul 11:32 am

    terima kasih atas tulisannya tentang tekhnik servis. sangat berguna untuk pemula seperti saya, dan mungkin lebih berguna bagi ratusan/ribuan pembaca pencinta tennis yang lain. sukses dan jaya selalu…..

    Balas
  • 2. ronald  |  September 18, 2007 pukul 3:00 am

    kak iman, bagaimana cara melatih toss agar konsisten tidak miring ke kanan ke kiri dan tidak melakukan foot fault. loll…..

    Balas
  • 3. ahmad  |  September 18, 2007 pukul 10:47 am

    boleh kan saya tahu nama-nama pukulan maut dalam permainan tenis?

    Balas
  • 4. prasso  |  September 18, 2007 pukul 12:21 pm

    kak iman, bagaimana cara melatih toss agar konsisten tidak miring ke kanan ke kiri dan tidak melakukan foot fault. loll…..

    De Ronald, seperti yang telah saya tulis, kita bisa melatih servis agar konsisten dan lurus tidak miring adalah dengan melatih toss kita. Bisa dengan cara melingkari lantai agar toss selalu mendarat di tempat yang sama.

    Mengenai footfault, cobalah minta teman atau pelatih anda memperhatikan kaki anda ketika melakukan servis dan mintalah dia berteriak atau melemparkan bola ke kaki anda saat servis jika anda melakukan footfault. Sehingga lama-lama kaki anda akan terbiasa melakukan servis di luar garis baseline,

    Balas
  • 5. prasso  |  September 18, 2007 pukul 12:29 pm

    Halo mas Sab, terima kasih atas komentarnya….
    Semoga saja tulisan-tulisan yang saya buat bisa bermanfaat bagi yang lain, terutama buat para penggemar olahraga tenis. :smile:

    Balas
  • 6. prasso  |  September 18, 2007 pukul 1:50 pm

    boleh kan saya tahu nama-nama pukulan maut dalam permainan tenis?

    Salam kenal mas Ahmad,

    Sebenarnya tidak ada di dalam tenis pukulan maut. Setiap jenis pukulan tenis adalah pukulan maut apabila kita sangat menguasainya. Sebagai contoh: Pete Sampras, mantan pemain nomor 1 dunia, memiliki pukulan maut yaitu servis yang keras dan akurat serta voli yang mematikan atau Andy Roddick yang memiliki forehand dan servis yang mematikan.

    Jadi kesimpulannya, kita harus menguasai dasar-dasar pukulan tenis terlebih dahulu dan kemudian pukulan yang paling kita kuasai itulah yang terus diasah dan menjadi pukulan maut kita.

    Balas
  • 7. macanang  |  September 24, 2007 pukul 3:34 am

    sebaiknya pukulan servis perlu pakai spin gak ya? bagi saya yang nggak begitu tinggi, kalo nggak di spin dikit bola sering keluar daerah target servis..?

    Balas
  • 8. prasso  |  September 24, 2007 pukul 10:15 am

    sebaiknya pukulan servis perlu pakai spin gak ya? bagi saya yang nggak begitu tinggi, kalo nggak di spin dikit bola sering keluar daerah target servis..?

    Betul sekali, memang efek spin akan memperbesar persentasi bola masuk ketika service dan ini menguntungkan bagi pemain yang bertubuh tidak terlalu tinggi. Namun umumnya kalau kita memakai spin akan mengorbankan kecepatan service kita dibanding kita servis dengan pukulan flat atau mendatar. Jadi tergantung kebutuhan kita pada pertandingan tersebut.

    Saya beri contoh, apabila anda memimpin pada kedudukan 40-0 dan anda memegang servis. Maka anda boleh gambling pada servis pertama dan kedua dengan pukulan yang flat (datar) dan keras. Memang persentasinya untuk masuk kecil, tetapi kalau masuk anda mendapat keuntungan yang besar.

    Jikalau anda ternyata gagal pada kesempatan tersebut, maka anda dapat bermain save di poin berikutnya dengan servis pembuka yang spin namun masuk atau normalnya servis pertama flat keras dan servis kedua memakai spin terarah.

    semoga membantu :smile:

    Balas
  • 9. macanang  |  September 25, 2007 pukul 3:28 am

    wah sangat membantu mas, baru tahu strategi service semacam ini. Biasanya langsung di libas dengan service lurus terus, makanya banyak yang gagal.

    thanks mas

    Balas
  • 10. prasso  |  September 25, 2007 pukul 8:29 am

    Sama-sama Mas :wink:

    Balas
  • 11. ronald  |  September 25, 2007 pukul 9:28 am

    untuk servis spin, mungkin kosakata yg lebih populer adalah “kick serve” dimana mayoritas pemain dunia menggunakan tipe servis ini untuk second serve mereka dikarenakan prosentase masuknya lebih besar dan saat bola menyentuh lapangan akan melambung lebih tinggi daripada servis flat sehingga akan mempersulit lawan untuk melakukan pukulan winner.

    Balas
  • 12. sab  |  September 25, 2007 pukul 2:25 pm

    Mohon maaf, kalau tidak salah kesimpulan saya
    ” dalam suatu pertandingan itu kita tidak harus memukul memakai satu jenis grip, tapi flexibel tergantung pada jenis bola yang datang dari lawan, kalau agak tinggi kita bisa menggunakan western / eastern / semi. tapi kalo bola rendah kita harus menggunakan grip continental. Begitu juga dengan servis kalo pertama diusahakan keras yang kedua melakukan “kick serve” jadi prosentase masuknya semakin besar dan lawan kesulitan menggunkan pukulan “winner” nya” bukan begitu mas ??. mohon petunjuknya !!!
    thanks…..

    Balas
  • 13. prasso  |  September 25, 2007 pukul 3:03 pm

    Halo mas Sab….Pendapat saya kira-kira begini,

    Untuk servis, karena kita punya dua kali kesempatan maka normalnya yang dilakukan adalah servis pertama servis flat mendatar dan keras sementara servis kedua adalah kick serve atau serve dengan lebih pelan namun masuk.

    Untuk grip, betul seringkali kita harus mengubah-ubah grip kita namun untuk pukulan tertentu saja, contohnya: forehand kita memakai grip western atau semi-western, namun pada saat voli kita memakai grip kontinental karena grip semi-western tidak cocok untuk dipakai voli.

    Sedangkan grip dasarnya sebaiknya anda jangan mengubah-ubah kedudukan grip karena akan mengacaukan konsentrasi dan ritme pukulan anda. Contohnya jika anda telah nyaman memukul forehand dengan grip semi-western apapun bolanya, baik tinggi maupun rendah, anda harus dapat memukul dengan grip ini. Caranya adalah dengan melatih footwork anda agar bisa memposisikan diri dengan baik ketika memukul bola.

    Masing-masing grip memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung anda ingin memilih sebagai pemain bertipe apa. Sebagai contoh umumnya orang dengan tipe permainan service-volley cenderung memiliki grip forehand eastern atau kontinental karena dengan grip ini pemain akan mudah melakukan voli tanpa merubah grip secara ekstrim. Namun kembali lagi pemain ini biasanya kesulitan di lapangan tanah liat dimana bola memantul lebih tinggi, terlebih lagi apabila lawannya adalah pemain baseliner yang pukulannya topspin. Jadi untuk grip pilihlah satu yang menurut anda paling mudah dikuasai dan sesuaikanlah terutama untuk pukulan service dan voli.

    Semoga Membantu….

    Balas
  • 14. sab  |  September 26, 2007 pukul 1:22 am

    wah… terima kasih banyak mas !!. sangat membantu sekali untuk pemula seperti saya yang “NB” memulai tennis dari nol. biasanya saya sering mengubah grip untuk menyesuaikan datangnya bola, namun kalopun menurut teori tidak begitu, berarti secepatnya harus saya rubah supaya tidak menjadi kebiasaan yang salah.

    betul sekali mas… masalah ubah-mengubah grip ini sangat mengganggu konsentrasi kita, apalagi pas lawan bermain dengan pukulan-pukulan cepat & flat, baru mulai memilih grip, bola sudah lewat, he..he..he.. (maklum sering kaget kalo bola datang dengan cepat).

    Aku ada saran nih mas…
    gimana kalo tulisan mas mulai “Tekhnik dasar bermain tennis” sampe sekarang ini dibuatkan versi pdf nya, soalnya kita sering kesulitan mo berbagi info dengan temen-temen pas lagi offline jadi gak lengkap gitu loh…

    thanks mas….
    semoga saran saya diperhatikan…

    Balas
  • 15. prasso  |  September 26, 2007 pukul 1:28 pm

    gimana kalo tulisan mas mulai “Tekhnik dasar bermain tennis” sampe sekarang ini dibuatkan versi pdf nya, soalnya kita sering kesulitan mo berbagi info dengan temen-temen pas lagi offline jadi gak lengkap gitu loh…

    Kalau untuk membuat pdf-nya, saat ini mungkin saya belum sempat. Tapi saran mas saya pertimbangkan untuk dikemudian hari saya kompilasi dalam satu pdf.

    Mungkin untuk sementara anda dapat memprint langsung dari browser internet anda dengan mengklik file dan pilihan print.

    terima kasih :smile:

    Balas
  • 16. husni  |  November 14, 2007 pukul 3:27 pm

    Bagi yang ingin belajar dan memperdalam tenis melalui DVD bisa meng-klik http://www.geocities.com/dvd_tenis

    trims,
    husni

    Balas
  • 17. adiie  |  Januari 11, 2008 pukul 4:21 pm

    saya udah baca artikel tentang teknik servis.terima kasih banyak. kayanya mental saya saat mau serve perlu di benerin….saya coba teknik andy roddick saat serve (memendekkan gerakan serve/abbreviated), serve pertama kenceng dan serve kedua pakai ‘kick serve’,kalau saya main relax, serve nya mantap. tp kalau lagi ga relax mainnya, kacau semuanya…

    Balas
  • 18. prasso  |  Januari 15, 2008 pukul 8:25 am

    @Adiie
    memendekkan servis otomatis memendekkan waktu bola mendarat ke service line lawan. Ini memberikan efek first time shock ketika anda service apalagi kalo pas masuk. Hanya servis semacam ini saya rasa cocoknya buat pemain yang berpostur tinggi, kalau pemain kurang tinggi memakai teknik ini kemungkinan servisnya memanjang akan besar.
    Untuk servis kedua memang paling baik memakai kick, karena memang pukulan tersebut termasuk save apalagi kalau putarannya kenceng bisa bikin orang pusing juga ngadepinnya kalo belum biasa.

    Balas
  • 19. Cov  |  Januari 20, 2008 pukul 6:06 pm

    Wa blom bisa serve yg wajar, bisanya bola di tuk doang hahaha..
    Mohon penjelasan pliz:
    1) Klo buat serve yg keras itu, main angle ga (Angle = penghubung telapak tangan dengan batang tangan)
    2) Waktu bola di toss, lbh baik tossnya menciptakan spin pada bola ato ngga?
    3) Kick service tu yg gmn? Tolong kasi guide pliz

    Balas
  • 20. www.rein_sianipar@yahoo.co.id  |  Juni 12, 2008 pukul 10:02 pm

    sebagai pemula saya berterima kaasih

    Balas
  • 21. satria  |  Juni 27, 2008 pukul 4:28 pm

    mas, numpang tanya yak. toss itu hanya mengulurkan tangan ke atas dan melepas bola setinggi 20-30 cm saja? kalo saya coba gak sempat mukul keburu jatuh bolanya. atau saya terlalu lambat mengayun raket? servis pertama saya flat dan kedua slice. servis pertama sering out dan servis kedua nyangkut di net. pls help me :)

    Balas
  • 22. herman  |  Juli 9, 2008 pukul 9:12 am

    mas ada nggak teknik tenis lapangan yang lebih jitu ,kl ada kasih tau dong pls trims

    Balas
  • 23. herman  |  Juli 9, 2008 pukul 9:25 am

    mas nggak ada yang lebih jitu teknik tenis lapangan, kl ada kasih tau dong pls

    Balas
  • 24. baja  |  Juli 22, 2008 pukul 2:27 pm

    Mas prasso…

    Menurut saya service adalah pukulan paling sulit. Berkali-kali saya baca blog ini…..tapi koq tetap belum bisa mukul service dengan baik…..hiks……
    Ayo latihan lagi…….

    Balas
  • 25. nawan  |  Agustus 15, 2008 pukul 9:48 am

    Mas Prass…… saya baru belajar tennis mohon dibantu, apa betul ada 4 macam pukulan service flat,topspin,slice,kicker dan apa maksudnya?
    service yang cocok untuk tinggi badan 160 jenis yang mana?
    makasih.

    Balas
  • 26. muhd. fikri  |  Agustus 20, 2008 pukul 9:59 am

    tenis adalah satu sukan

    Balas
  • 27. abdul kodir  |  Oktober 7, 2008 pukul 1:37 pm

    pak. tolong cantumin arah toss bola donk buat toss canon ball.slice, sama servis twist kan beda-beda,servis kok susah y pak?

    Balas
  • 28. irsyada  |  Desember 3, 2008 pukul 7:41 pm

    mksh, tugas ku kuliah jadi tertolong

    Balas
  • 29. nazmiansyah  |  Desember 5, 2008 pukul 9:21 am

    bagai mana cara cepat tuk bisa berlatih tenis dengan benar dan dapat menji pemain yang hebat

    Balas
  • 30. putu  |  Desember 30, 2008 pukul 9:14 am

    aku cowok aku seneng bermain tenes tetapi servis aku belum keras,, gma caranya ya??

    Balas
  • 31. jihan  |  Januari 8, 2009 pukul 12:52 pm

    saya sangat suka tenis tapi pukulan yang paling kurang saya kuasai yaitu servis jadi tolong mas kasih tau servis yang mudah dan akurat,thanks

    Balas
  • 32. edson  |  April 14, 2009 pukul 2:55 pm

    Bagus sekali…sering lihat buku tenis, justru membahas peraturan
    saja…ilustrasi pun jarang dalam bentuk foto, terimakasih pak

    Balas
  • 33. Dewa Yoga  |  November 21, 2009 pukul 10:57 am

    Mas, terimakasih tips2nya di blog luar biasa ini.
    Sy semenjak mahasiswa belajar main tenis, tidak ada pelatih, hanya bermain dengan teman. Alhasil perkembangan kemampuan sy relative telat, sekarang stlh bekerja,sy menemukan blog ini (telat jg perjodohannya dg blog ini,hehe) syukurlah.
    Kini saya seperti nge-gila-ni main tenis, habis baca sy coba praktekan, kebetulan di komplek rumah ada lapangan tenis yg bagus dan gratis.Ditunggu versi pdf-nya Mas atau versi bukunya,bukankah blog ini memiliki bahasa yg berbeda (ringan dan segar) ketimbang buku2 tenis di pasaran.

    Terimakasih,
    Ida I Dewa Gede A.Vayogayana
    Bandara El Tari Kupang

    Balas
  • 34. apai  |  Desember 1, 2009 pukul 7:19 am

    Pukulan pertama dalam permainan tenis??

    APA YE NAMANYE..
    ACE ke??
    tq..harpa ada yg sudi bg jawapan..

    email sy ye…

    Balas
  • 35. ipin  |  Januari 7, 2010 pukul 7:11 pm

    cooll

    Balas
  • 36. ariberbagi  |  Januari 10, 2010 pukul 11:29 pm

    wah bagus banget mas blog ini untuk referensi permainan tenis. kalo boleh saya mau copas postingan anda, dan akan saya posting di blog saya dengan menyebutkan blog anda sebagai sumber referensi. sehingga anda akan mendapat back link.

    Balas
  • 37. emi rosyidah  |  Maret 15, 2010 pukul 3:59 pm

    aku pemain pemula sangat terbantu sekali dengan artikel ini, trim ya

    Balas
  • 38. zaki z  |  Mei 5, 2010 pukul 3:10 pm

    tak best tol la

    Balas
  • 39. Pandy Dusia  |  Oktober 27, 2010 pukul 7:05 pm

    trima kasih atas informasi yang telah di berikan…..

    Balas
  • 40. Tugas Tennis Lapangan « dovanachmad  |  Oktober 27, 2010 pukul 8:58 pm

    [...] 2. Teknik Pukulan Servis Tenis [...]

    Balas
  • 41. dimassssssss  |  Juni 21, 2011 pukul 10:49 pm

    nice share…..makasih banyak y…..:)

    Balas
  • 42. ari  |  Juli 4, 2011 pukul 1:53 pm

    Paling sulit berlatih service, saya sudah baca artikel ini berkali-kali, sudah diprint, dibaca sampai lecek, tapi belum bisa juga memukul service dengan keras dan mematikan. Saya seperti kehilangan tenaga saat mukul bola. Sudah ngotot, tapi bola larinya sangat pelan…….hufff….kira-kira apanya yang salah ya???

    Balas
  • 43. fajar3hartono  |  September 24, 2011 pukul 7:35 pm

    Trimah kasih.
    Saya mau bertanya mengenai cara berlatih pukulan groundstroke, pukulan voli & pukulan overhead.
    Sebelumnya saya mengucapkan Trimah kasih untuk info mengenai cara berlatih servis.

    Balas
  • 44. Noor Setyo Utomo  |  Oktober 27, 2011 pukul 10:05 pm

    mohon bantuannya mas,untuk bahan skripsi saya mas..
    saya mau bertanya mas..
    apakah pemain tenis pemula itu ajarannya harus dengan servis slice dahulu mas bkan dengan teknik servis lainnya??
    kalau memang dengan servis slice dahulu,apa alasannya mas??
    dan apakah ada teorinya??

    Balas
  • 45. Fian Arif  |  April 28, 2012 pukul 6:25 pm

    thx for the clue……..

    Balas
  • 46. Devandy  |  Februari 18, 2013 pukul 1:36 pm

    Mas cara pukulan maut begend gimana mas

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them ‘Love’ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They don’t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 4

Federer-Nadal 22

Federer-Nadal 42

More Photos

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 633,112 aces

Kampanye “TF”


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: