Mengukur level permainan tenis anda

Oktober 1, 2007 at 1:19 pm 14 komentar

Di dalam dunia tenis terdapat sistem penilaian level permainan dari seorang pemain yang dinamakan sebagai NTRP. NTRP (National Tennis Rating Program) adalah suatu sistem dengan standar baku untuk mengukur kemampuan tennis kita secara umum. Sistem ini dibuat pada tahun 1979 oleh USTA (United States Tennis Association) untuk mempermudah pemain tenis menemukan partner yang se-level, les kelompok yg sesuai, turnamen dan program program lain sejenisnya. Sistem ini mulai menjadi standar internasional, dimana di negara negara maju, muncul site site yang memfasilitasi para pecinta olahraga tennis untuk menemukan sparring partner gratis (sama sama butuh) dengan fleksibilitas waktu dan berbagai level permainan. Dan NTRP menjadi pedoman utama untuk menyamakan visi semua pemain tennis tentang level permainan. Berikut ini adalah jabaran level permainan dari nilai 1-7 dan deskripsinya:

Level 1

Anda benar-benar baru menyentuh raket tenis dan mulai bermain

Level 1,5

Anda memiliki pengalaman tenis yang sangat minim dan masih kesulitan untuk memukul bola dengan tepat

Level 2

Anda masih minim pengalaman bermain (game) dan perlu meningkatkan pukulan namun sudah mengenal konsep dasar bermain single dan double

Forehand: Ayunan raket yang tidak utuh

Backhand: Menghindari backhand, bermasalah dengan grip, ayunan raket yang tidak utuh, kontak bola dengan raket tidak sempurna

Servis/ Pengembalian servis: Pergerakan servis yang tidak utuh, masih sering melakukan double fault, lemparan bola (toss) tidak konsisten, pengembalian servis masih tidak konsisten.

Voli: Jarang menggunakan voli, menghindari backhand voli, langkah kaki belum terkoordinasi.

Tipe permainan: Masih sering salah posisi.

Level 2.5

Anda mulai belajar membaca arah pergerakan bola, meski kemampuan meng-cover lapangan anda masih terbatas. Anda mulai bisa melakukan reli-reli pendek dengan pemain yang selevel. Kurang mobilitas dalam bermain ganda.

Forehand: Mulai menemukan bentuknya, mampu mengembalikan pukulan-pukulan berkecepatan sedang dengan lebih konsisten.

Backhand: Masih berkendala dengan grip, memilih mengambil bola dari sisi forehand.

Servis/ Pengembalian servis: Berusaha untuk melakukan ayunan utuh, dapat mengembalikan servis dengan kecepatan sedang, Lemparan bola (toss) masih tidak konsisten, dapat mengembalikan servis yang lemah.

Voli: Masih tidak nyaman melakukan voli terutama disisi backhand, masih sering menggunakan forehand voli untuk mengambil bola-bola disisi backhand.

Pukulan khusus: Dapat melakukan lob namun masih kurang terkontrol, overhead mulai mengenai bola (tidak luput) meski prosentase masuk masih kurang.

Level 3.0

Anda cukup konsisten disaat memukul dengan kecepatan sedang, tapi belum nyaman dengan semua jenis pukulan dan kurang eksekusi disaat mencoba mengarahkan bola, memberikan power dan mengatur panjang pendek bola. Tipe permainan ganda yang umum satu di depan satu dibelakang.

Forehand : Cukup konsisten dan kadang mulai dapat mengontrol arah bola namun masih kurang dapat mengontrol panjang pendek bola.

Backhand: Mulai cukup konsisten untuk bola-bola yg tidak terlalu keras.

Servis/Pengembalian servis:Menemukan pola, kurang konsisten disaat mencoba menggunakan power, pengembalian servis sudah mulai konsisten.

Volley: Forehand volley cukup konsisten, backhand volley belum konsisten, mengalami kesulitan mengambil voli bola2 rendah dan agak jauh dari jangkauan.

Pukulan khusus: Dapat me-lob bola pada saat menerima pukulan-pukulan sedang

Tipe permainan: Konsisten untuk pukulan-pukulan yang tidak keras, mulai dapat menyerang maju ke arah net namun masih lemah dalam eksekusi

Level 3.5

Anda telah mengalami kemajuan pada pukulan anda dengan melakukan kontrol arah pada bola-bola berkecepatan sedang, tapi perlu mengembangkan kedalaman dan variasi pukulan. Anda menunjukan permainan yg lebih menyerang di net, penguasaan lapangan mulai meningkat dan mulai menemukan “team work” pada permainan ganda.

Forehand: konsistensi yang baik, mulai memiliki variasi pukulan, dapat mengontrol arah bola, mulai mengembangkan pukulan spin.

Backhand: dapat mengontrol arah bola, masih bermasalah dengan bola-bola keras dan tinggi, mengembalikan bola-bola sulit secara pasif/ bertahan

Servis/ pengembalian servis: mulai memukul servis dengan kontrol dan power, mulai mengembangkan spin, dapat mengembalikan servis yang tidak terlalu keras secara konsisten serta mengarahkannya.

Voli: lebih agresif dalam permainan net, mulai dapat mengambil bola-bola yang agak jauh dari jangkauan, langkah kaki mulai teratur, dapat mengarahkan forehand voli, dapat mengontrol backhand voli namun masih kurang menyerang, masih blom bisa menempatkan voli di garis belakang lapangan.

Pukulan khusus: overhead sebatas jangkauan yang cukup konsisten, menemukan “approach shot”, “drop shot” dan “half volley”, dapat mengembalikan dan mengarahkan servis kedua secara konsisten.

Level 4.0

Anda memiliki ground stroke yang dapat diandalkan dengan kontrol arah dan panjang pendek bola pada pukulan yang sedang, dalam bermain single masih belum banyak melakukan pukulan winner, teamwork di permainan ganda sudah baik, kadang-kadang kehilangan point karena kurang sabar dalam permainan reli.

Forehand: Dapat diandalkan, memukul dengan kontrol panjang pendek pada bola-bola berkecepatan sedang, mulai mencoba mengembalikan bola dengan penempatan yg baik disaat mendapatkan bola yang sulit.

Backhand: dapat mengarahkan bola dengan konsisten dan panjang pendek yang baik untuk pukulan-pukulan dengan power sedang, menemukan sentuhan untuk pukulan spin.

Servis/ Pengembalian servis: Konsisten pada servis pertama dan kedua, mampu mengontrol tenaga pada servis pertama, menggunakan spin, return servis yang dapat diandalkan, dapat mengembalikan bola dengan mengontrol panjang pendek bola.

Voli: Dapat mengontrol panjang pendek forehand voli, dapat mengarahkan backhand voli akan tetapi masih kurang dapat mengontrol panjang pendek voli, mulai dapat mengambil bola-bola pendek/jauh dari jangkauan baik disisi forehand maupun backhand.

Pukulan khusus: Selalu dapat menyelesaikan overhead dengan mudah, dapat melakukan poach ( menyerobot ) dalam permainan ganda, melakukan serangan ke net setelah melakukan pukulan yang menyulitkan lawan, dapat menyerang titik lemah lawan, dapat melakukan pukulan lob disaat terdesak, return servis yang dapat diandalkan.

Level 4.5

Anda bermain dengan banyak variasi, memukul dengan kecepatan lebih dengan spin dan tenaga yang terkontrol, dapat menutup kelemahan dengan baik, mulai dapat menyusun strategi variasi permainan berdasarkan tipe permainan lawan, permainan net yang agresif pada sektor ganda, antisipasi yang bagus, dapat mengatur tempo permainan.

Forehand: Sangat dapat diandalkan, dapat menggunakan kecepatan dan spin secara efektif, mengontrol panjang pendek bola dengan baik, pukulan cenderung menyerang apabila mendapat bola-bola sedang.

Backhand: Dapat mengontrol arah dan kedalaman bola, namun kadang hilang kendali saat ditekan lawan, dapat menembak dengan power saat mendapatkan bola sedang.

Servis/pengembalian servis: Servis yang agresif dengan double fault yang terbatas, menggunakan tenaga dan spin, mulai menemukan tipe servis yang menyerang, servis kedua ditempatkan dengan baik, return servis sering menekan lawan.

Voli: Dapat mengatasi rentetan voli dengan beragam variasi, ritme kaki yang bagus,dapat mengontrol panjang pendek bola dan arah pada backhand voli, mulai menemukan sentuhan, kesalahan yang kadang masih dilakukan adalah memukul terlalu panjang.

Pukulan khusus: Dapat mengatur arah dan panjang pendek “aproach shoot”, memukul voli dan overhead dengan konsisten untuk menutup point, sering mengembalikan servis dengan pukulan agresif

Level 5.0

Anda sering melakukan winner yang cantik, atau memaksa lawan untuk melakukan kesalahan. Dapat melakukan variasi permainan berdasarkan tipe lawan, memiliki permainan ganda yg solid

Forehand: Pukulan keras dengan kontrol, kedalaman dan spin. Menggunakan forehand untuk menciptakan serangan, memiliki pukulan terobosan yang konsisten, telah memiliki sentuhan yang baik.

Backhand: Dapat menggunakan backhand sebagai serangan dengan konsistensi yang baik, memiliki arah dan kontrol panjang pendek bola hampir dalam semua pukulan, spin yang bervariasi.

Servis/ Pengembalian servis: Penempatan servis yang efektif dengan menyerang kelemahan lawan, memiliki variasi servis yang dapat diandalkan, panjang pendek bola yang baik, spin dan penempatan bola yang baik pada servis kedua sehingga tidak mudah diserang oleh lawan, dapat mengatur tempo servis dengan spin, dan kontrol.

Voli: Dapat memukul hampir semua voli dengan kedalaman, kecepatan dan arah yang baik, voli sering dilakukan sebagai pukulan winner.

Pukulan khusus: “approach shot” dan pukulan terobosan dilakukan dengan cepat dan efektifitas yang tinggi, dapat melakukan attacking lob, overhead dapat dilakukan dari posisi apapun, konsisten melakukan “half court” voli, dapat mengatur tempo pengembalian servis

Level 5.5

Anda dapat melakukan pukulan yang bagus sekalipun dibawah tekanan lawan, sudah memiliki antisipasi yang bagus, dapat menganalisa arah bola dari toss, posisi badan, ayunan lawan, dll. Servis pertama dan kedua sangat dapat diandalkan, dapat melakukan pukulan menyerang kapanpun, dapat menganalisa dan mengeksploitasi kelemahan lawan, sudah menemukan power dan konsistensi sebagai senjata utama, dapat melakukan variasi strategi dan tipe permainan dalam situasi yang kompetitif.

Level 6-7

Anda memiliki rutinitas latihan untuk turnamen nasional di level Junior/ Universitas dan sudah memiliki ranking nasional/ daerah. pemain dengan level 6.5 memiliki peluang yang besar untuk naik ke level 7 dan sudah berpengalaman mengikuti turnamen satelit. Pemain dengan level 7 adalah pemain kelas dunia yang mengikuti turnamen2 internasional dan yang mana pemasukan utamanya adalah dari hadiah kejuaraan tersebut.

Semua karakteristik yang dijabarkan diatas bukan syarat mutlak atas level anda. Seringkali anda memiliki beberapa karakteristik sebagai pemain level 4.5 namun dalam beberapa tipe pukulan anda hanya berada pada level 3.5. Karena kebanyakan pemain tennis tidak berkembang serempak pada semua lini namun ada yang menjadi titik lemah dan ada yang menjadi senjata utama.

Kalau saya sendiri kira-kira berada pada level NTRP 4-4.5. So, bagaimana dengan anda???

๐Ÿ˜‰

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Liat bolanya dong!!! Tenis Indonesia saat ini

14 Komentar Add your own

  • 1. ronald  |  Oktober 1, 2007 pukul 8:05 pm

    wah kak imam tulisannya menarik sekali. saya jadi tau kalo ternyata level saya juga 4.0 – 4.5, tp.masak kak imam juga segitu seh? wakakakaka….. ( komentar basa basi banget)

    Balas
  • 2. prasso  |  Oktober 2, 2007 pukul 10:03 am

    De Ronald, saya juga kaget loh ternyata de Ronald berkembang pesat sekali sekarang. Jadi ga sabar nih pengen maen sama de Ronald hehehe…..

    Balas
  • 3. joko. s  |  Oktober 2, 2007 pukul 11:23 am

    Thank berat untuk keberadaan situsnya, sangat membantu untuk pemain pemula seperti saya

    Balas
  • 4. Rovicky  |  Oktober 3, 2007 pukul 10:56 am

    Kok aku ga masuk rating ?๐Ÿ˜ฆ “Lah pegang raket aja belon pernah ๐Ÿ˜›

    Balas
  • 5. prasso  |  Oktober 3, 2007 pukul 11:30 am

    Wah tersanjung dikunjungi pak Dhe nih….๐Ÿ˜‰
    pak Dhe setelah baca blog ini mungkin ada di rating 0.5 lah hehehehe….๐Ÿ˜€

    Balas
  • 6. macanang  |  Oktober 8, 2007 pukul 8:24 am

    wah, kalo saya gak bisa mengukur mas prasso, soalnya mainnya mood2an, nih.. gimana ya..๐Ÿ˜€

    Balas
  • 7. prasso  |  Oktober 8, 2007 pukul 2:48 pm

    Kalo maen mbok ya jangan di emood toh mas….ditelan aja langsung bulat-bulat๐Ÿ™‚

    Balas
  • 8. rifki  |  Oktober 22, 2007 pukul 4:11 am

    susah nih mengkalsifikasi level gw.. ga ada level 8 seh..

    Balas
  • 9. prasso  |  Oktober 22, 2007 pukul 9:39 am

    Wowww….kiki setingkat ama federer dong kalo gitu๐Ÿ˜ฏ

    Balas
  • 10. stefy graff  |  Februari 12, 2008 pukul 5:03 pm

    ak kan kemaren lawan ma ANDREW NGGRAGASI……hehehehe

    Balas
  • 11. ghani  |  Agustus 8, 2009 pukul 3:56 pm

    yah kalo gini saya masih level dua lho. eh ngomong-ngomong gimana supaya permainan saya membaik

    satu lagi nih ada ngga buku tennis yang bisa didownload gratis .mumpung lagi online heheheh……………….

    Balas
  • 12. Uray  |  Juli 28, 2011 pukul 4:56 pm

    Thanks bro, posting nya bermanfaat buat kita yang pemula, supaya bisa ngukur kemampuan kita susah sampai mana.

    Kalo dilihat dari level nya, gw masuk ke level 3-3,5. Voli gw neh masih ga konsisten.

    Balas
  • 13. Bastomi Sunaryo  |  Desember 9, 2014 pukul 2:27 pm

    trim bangat atas keberadaan situs ini bisa menambah wawasan aku yang masih pemula, kalau diukur level permainan NTRP 2.5 – 3.0 masih jauh sekali dengan temen2 tolong dilanjut teori yang lainnya

    Balas
  • 14. Wiwied Windiarto  |  Februari 26, 2016 pukul 7:19 am

    wah wah…ketahuan di level 3 an nih mas….makasih ya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2007
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

RSS Berita-berita Tenis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them โ€˜Loveโ€™ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They donโ€™t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 9

Federer-Nadal 22

Federer-Nadal 21

Lebih Banyak Foto

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 846,916 aces

Kampanye “TF”


%d blogger menyukai ini: