Posisi dan Geometri Permainan Tenis

Maret 25, 2008 at 4:00 pm 35 komentar

Permainan tenis bisa dikatakan sebagai permainan yang menuntut otak kita untuk berpikir dalam suatu dimensi ruang dan juga waktu. Kenapa saya katakan begini, karena permainan tenis dibatasi oleh suatu garis-garis dan bidang dimana kita bisa dan tidak bisa menempatkan bola, sedangkan waktu tempuh bola dari satu sisi lapangan menuju sisi lapangan lain turut andil dalam suatu kerangka pola permainan. Yang akan saya bahas saat ini adalah mengenai posisi serta geometri dalam permainan tenis yang umum.

Ada beberapa “rule of thumb” dalam permainan tenis yang patut kita ketahui. Berikut akan kita coba membahas satu per satu apa saja.

1. Pukulan Menyilang (Cross Court) lebih baik daripada Lurus (Down the Line)

Ini adalah prinsip dasar dalam geometri permainan tenis. Adapun alasannya adalah pukulan cross court akan melewati bagian net yang paling rendah dan jarak diagonal yang lebih panjang sekitar 7 feet/ 2 meter daripada pukulan down the line sehingga memperkecil resiko kita untuk melakukan kesalahan.

cross-court.jpg

Ini bukan berarti bahwa pukulan down the line tidak baik dilakukan. Boleh dilakukan, namun pada waktu yang tepat karena bola akan melintas pada bagian net yang paling tinggi dengan jarak tempuh yang lebih pendek. Oleh karena itu kita sering sekali melihat pola pemain tenis pro bertukar pukulan menyilang hingga mendapatkan kesempatan bola pendek di dalam garis permainan dan dihabiskan dengan pukulan down the line.

2. Posisikan diri kita selalu di Tengah

Seperti orang bijak pernah bilang “Posisi menentukan prestasi”🙂 begitu pula halnya dalam permainan tenis. Untuk mendapatkan peluang yang paling besar dalam mengembalikan bola lawan adalah dengan memposisikan diri kita di tengah dari posisi sudut pengembalian lawan. Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut:

shot-selection.jpg

Pada gambar tersebut umpamakan kita berada pada posisi bawah dengan lambang bulat dan lawan di atas dengan lambang silang. Jika kita berada di posisi tengah (posisi 1) dan kita memukul lurus ke depan (posisi A), maka posisi yang baik untuk menerima adalah juga di tengah. Bila kita memukul ke arah kiri (posisi B) lawan, maka posisikan diri kita berlawanan dengan gerak lawan yaitu ke kanan(posisi 2) sehingga kita tetap di tengah sudut pengembalian lawan, begitu pun sebaliknya jika memukul ke posisi C maka posisikan diri kita di posisi 3. Jadi jika mungkin anda selama ini beranggapan bahwa pada setiap pukulan anda harus selalu kembali ke tengah garis baseline, maka itu keliru. Yang benar adalah dengan tetap berada di tengah posisi sudut pengembalian bola lawan, maka memperbesar kemungkinan kita untuk dapat mengembalikan bola.

3. Semakin dekat ke net akan memperbesar sudut pukulan

Cara yang paling baik untuk bermain agresif adalah menyerang dari dalam garis baseline. Semakin dekat anda dengan net maka pilihan sudut anda untuk menyerang lawan akan semakin terbuka lebar. Cobalah di lapangan tenis anda melihat lapangan lawan dari sudut pandang mata dari baseline kemudian maju hingga ke net, maka akan semakin jelas garis-garis lapangan lawan.

angle.jpg

Inilah salah satu senjata yang digunakan Andre Agassi dimana dia dapat memukul bola secara agresif dari dalam garis baseline sehingga dia memiliki banyak pilihan sudut-sudut untuk mendesak lawan. Hanya saja Agassi terlatih memiliki refleks dan mata yang luar biasa sehingga bola setelah memantul langsung dipukul tanpa menunggu bola turun atau istilahnya “on the rise”.

Kira-kira itulah secara garis besar geometri lapangan yang setidaknya perlu kita ketahui. Semoga saja dapat menambah dimensi kita dalam memainkan olahraga yang kita cintai ini🙂

Entry filed under: Taktik, taktik tenis, Tennis Tutorials. Tags: , , , .

Forehand dalam gerak lambat Tennis Freak Latest News

35 Komentar Add your own

  • 1. Yusuf  |  Maret 25, 2008 pukul 6:38 pm

    Mantab, jd lebih paham. Salam kenal pa. Mau tanya tentang pukulan forehand dengan grip apa yg cocok bila posisi kita berlari mengambil bola dr posisi 1 ke posisi 2. Apakah gripnya tetap continental bila kita biasa pakai grip ini, atau western?

    Balas
  • 2. prasso  |  Maret 26, 2008 pukul 9:06 am

    @Yusuf
    Salam kenal juga mas Yusuf🙂
    Jawaban saya untuk running forehand drive atau pukulan forehand sambil berlari grip yang dipakai tetap pada kebiasaan anda, kalau western ya tetap pakai western. Tapi terkadang kita berada dalam kondisi defensif sehingga perlu mengembalikan dengan forhand slice otomatis kita harus merubah grip kita menjadi kontinental. Semoga membantu….

    Balas
  • 3. Yusuf  |  Maret 26, 2008 pukul 2:02 pm

    Hmm, sebenarnya bedanya grip western atau eastern itu hanya di cara memegang raketnya saja atau posisi raket saat bertemu dengan bola juga berbeda? Saya masih berpikir kalau western itu saat raket bertemu dengan bola posisi kepala raket agak tertutup, sedangkan kalau eastern agak terbuka. Jadi bila kita dalam posisi offensive untuk running forehand drive grip yg dipakai western agar bola bila dipukul tidak out.

    Balas
  • 4. prasso  |  Maret 26, 2008 pukul 2:53 pm

    Grip western dan eastern hanya pegangan saja, sedangkan posisi raket kontak dengan bola seharusnya sama tegak lurus permukaan tanah atau tertutup sedikit saja kalo kita mau pake spin. Sampras yang dikenal memakai grip eastern, selain servis dan volinya, paling jago dengan running forehand-nya dan bisa menghasilkan angle yang mematikan dengan memakai grip eastern. Di olahraga tenis, semakin meningkat level permainan maka semakin sedikit waktu yang kita punya untuk memukul bola. Gonta-ganti grip terutama untuk stroke akan merusak konsentrasi pada saat bermain. Ganti grip itu hanya untuk servis dan voli dengan kontinental.

    Balas
  • 5. edy  |  Maret 26, 2008 pukul 2:59 pm

    makasih trik-triknya, mas
    walopun belom sempet maen tenis lagi

    Balas
  • 6. Yusuf  |  Maret 26, 2008 pukul 3:55 pm

    ic, wah jadi tambah ilmu nih. Sangat berguna sekali info2 disini, jarang yg mengupas banyak tentang tenis. Oh ya pa, yang saya perhatikan dari ‘slow motion’ nya federer dkk pada saat memukul bola ada gerakan pergelangan tangan (seperti menampar bola) CMIIW. Maklum nih pa, saya belum ketemu pukulan forehand spin yang pas terutama saat menerima service. Masa menerima bola aja kadang2 out atau sebaliknya ga lewat net😀, padahal bolanya service biasa. Kadang2 saya heran sendiri kalau sedang stroke bagus pukulannya, tapi pas main double hilang pukulannya. Apalagi kalau dah dikasih overhead atau bola memantul tinggi, pasti mengembalikannya kalau ga out, nyangkut net😀.

    Balas
  • 7. ronald  |  April 13, 2008 pukul 11:52 am

    tulisan yg ini mantep juga neh. jadi nambah ilmu bener. g lg.ketemu lawan lumayan kemaren. bakal improve neh tennis g mam.

    Balas
  • 8. Winnu Ayi  |  April 26, 2008 pukul 7:05 pm

    Holla! lam kenal!

    ternyata cukup logis postingan ini, saya sering perhatiin star sport akhir – akhir ini (monte carlo), dan memang semua pemain pro menempatkan dirinya pada tempat yang benar. Seperti di gambar yang kedua. Emang seperti itu!!! Baru tahu!

    This is a nice blog!

    Balas
  • 9. kucing23  |  Mei 21, 2008 pukul 11:17 pm

    memang posisi mempengaruhi kemungkinan kita dapat mengembalikan bola tapi jangan lupa juga diperhitungkan ketinggian bola pada saat pamain lawan mukul dan kemampuan membuat spin oleh pemain lawan. karena dengan ketinggian bola yang cukup dan spin yang bagus bola pengembaliannya pun bisa kesudut-sudut extreme. jadi selain posisi juga harus memiliki kecepatan kaki dan groundstroke yang bagus…

    Balas
  • 10. Eree  |  Mei 29, 2008 pukul 10:58 pm

    Nice blog man… banyak masukan buat nambah ilmu tenis. tapi, ada ilmu buat main dobel gak? soalnya udah mulai jarang main single….tq…

    Balas
  • 11. Baja  |  Juni 2, 2008 pukul 3:28 pm

    begini mas….kami butuh info tentang vendor yang bisa merenovasi lapangan tenis, kami tinggal di bekasi timur, lapangan tenis yang sering kami pakai sekarang terbuat dari aspal, karena sering terendam banjir, kondisi lapangan menjadi berlobang-lobang…..kami berencana mau merenovasi lapangan, cuma kami belum tahu kepada siapa kami akan berkonsultasi…..

    Balas
  • 12. M. Al' Amin  |  Juni 3, 2008 pukul 2:20 pm

    Yth
    Mas Prasso

    Terimakasih untuk pembahasanya, semoga banyak manfaatnya, saya hanya ingin nanya kalau posisi kita double, enaknya ada di sebelah mana kalau pas lawan sedang servise( kalau saya di kanan enaknya gimana dan kalau di kiri enaknya bagaimana kalau ada servise dari lawan main) terus bagaimana cara servise yang baik? seperti yang sering di pakai pemain nasional atau dunia. terimaksih

    salam
    M. Al’ Amin
    blogs: http://amin2007.wordpress.com

    Balas
  • 13. ronald  |  Juni 10, 2008 pukul 12:42 am

    mas mas yth. sementara ini mas prasso lagi dikarantina karena penyakit berbahaya. hehe. bukan… karena urusan kerja. so sebagai co-author blog ini, saya mewakili beliau mohon maaf. segera setelah mas imam balik dari urusan dinasnya, keingintahuan saudara2 bakal terjawab. salam tennis

    Balas
  • 14. ketut  |  Juni 16, 2008 pukul 2:44 pm

    boss kapan datang ke tempat kita ne? aku bisa kumpulin orang orang minta di ajarin gitu, tapi pastinya mahalllll yak bayarnya boleh tau gak? ato hub kita deh

    Balas
  • 15. akbar 114/SM  |  Juni 17, 2008 pukul 10:38 am

    trima ksh ats bantuan nya,dengan informasi/pengetahuan ini skrg saya menjadi mengerti apa TENNIS itu dan teknik2 dasar nya

    Balas
  • 16. Tommy  |  September 6, 2008 pukul 10:29 am

    buat acara kop dar yuk …..
    sambil main tennis, yah itung2 cari wawasan baru dan teman baru🙂

    Balas
  • 17. ad  |  September 11, 2008 pukul 1:42 pm

    saya ingin menayakan tentang bagimana saya bisa bermain konsisten dalam bermain tennis

    Balas
  • 18. prim  |  September 12, 2008 pukul 8:21 am

    Salam olahraga, Mas efektif mana backhand dua tangan dengan satu tangan pada level kelompok umur tertentu? dan minta info dimana beli bola tenis untuk latihanl? kalo tidak keberatan harga dan alamatnya, tks (Prim, Bontang Kaltim)

    Balas
  • 19. prasso  |  September 12, 2008 pukul 12:31 pm

    @ Tommy
    Waduh kalau saat ini saya masih belum bisa euy. Atau mungkin teman-teman yang lain bisa janjian kopdar di lapangan tenis???
    @ad
    Kalau ingin konsisten yang paling mudah adalah berlatih. Bisa dengan pelatih, partner atau juga bisa dengan dinding.
    @prim
    Masalah backhand dua tangan atau satu tangan sebenarnya tergantung kebiasaan dan yang utama tergantung siapa yang melatih kita pada awal mula kita bermain jadi tidak terkait kelompok umur tertentu. Dua-duanya punya kekurangan dan kelebihan.

    Balas
  • 20. LAMBANG  |  Desember 13, 2008 pukul 8:54 pm

    GOOD TIPS. HIDUP TENNIS. TERIMAKASIH BANYAK

    Balas
  • 21. Ikman  |  Februari 2, 2009 pukul 3:57 pm

    Kita lagi cari partner tenis 1-3 orang untuk maen di Lap. Tenis Alteri Pondok Indah (Depan Aquarius) setiap hari Kamis Jam 19-21 Lap Indoor. Group kami sering kekurangan orang sehingga tidak cukup untuk maen double. Bagi yang tertarik gabung, silahkan japri ke saya di yahoo mail/YM : bruyant76@yahoo.com
    # Ikman #

    Balas
  • 22. Yongky  |  Maret 18, 2009 pukul 6:39 pm

    Salam kenal mas Prass, saya baru belajar main tennis…
    Artikel anda sangat membantu saya lebih memahami tentang tennis, terima kasih mas…

    Balas
  • 23. Yongky  |  Maret 18, 2009 pukul 6:40 pm

    Met kenal mas Prass, saya baru belajar main tennis…
    Artikel anda sangat membantu saya lebih memahami tentang tennis, terima kasih mas…

    Balas
  • 24. FREDLIE  |  April 23, 2009 pukul 4:18 pm

    halo… kalo pengen join maen tenis utk daerah jakarta selatan dimana ya? mohon info? bukan latihan tp sparing partner aj yg santai2 gitu…
    kbri ya! thx before… fredliemario@yahoo.com. 98013325

    Balas
  • 25. I Ketut Buda  |  Juni 25, 2009 pukul 1:16 pm

    good tips

    Balas
  • 26. fasya  |  Juli 30, 2009 pukul 1:28 pm

    thanx…membantu gles bende nie

    Balas
  • 27. kusnanto  |  Agustus 14, 2009 pukul 1:27 pm

    salam kenal pak blogger. bantuin sy nyari sparing tennis utk yg kategori nyantai jg pak (usia dah kisaran 40 nih). saran tempat di lap manggala samping dpr: lapangan gravel + kolam renang + gym lengkap. katanya disini jd member paling murah cm 300 ribu all in 1 per bulan. kalo daftar berlima lbh murah lg. terimakasih pak. bantuannya . kus: 70411311. wassalam

    Balas
  • 28. Doni Sinaga  |  Agustus 14, 2009 pukul 1:32 pm

    Ikut gabung nih pengen tau aja kalau cara pegang raket itu ada berapa jenis krn sy baru tau western dan flat tolong dong teman2 dibantu

    Balas
  • 29. SUGIYATNO  |  Februari 16, 2010 pukul 12:52 pm

    Luar biasa, andai saja saya baca artikel ini dulu2 mingkin aku telah berjaya seperti Federer Kali!

    Balas
  • 30. Merdian  |  Maret 18, 2010 pukul 2:39 pm

    Bagus bgt artikelnya…,jadi bisa belajar online😉

    Balas
  • 31. Big Brooo  |  Juni 29, 2010 pukul 9:58 am

    4 thumb Up..

    Salute .. keep on track…continue. to update ..

    Balas
  • 32. Warhan Latief  |  November 14, 2011 pukul 11:05 am

    Ass.wr.wb.
    Pak, saat ini saya sedang hobi main tenis sama temen2 di kantor. Dulu hobi saya badminton. Dan ketika tenis gaya pegangan raket saya kadang suka menyerupai gaya pegangan raket badminton. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara agar pegangan raket tenis kita konsisten sesuai dengan teori yang ada….???

    Balas
  • 33. mido  |  April 22, 2012 pukul 4:06 am

    http://www.facebook.com/LesTennisMurah

    Balas
  • 34. Sanggar Istana  |  Oktober 16, 2013 pukul 12:08 am

    Kami CV. SANGGAR ISTANA KLINIK BATU ALAM adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang spesialis ahli pembuatan lapangan olahraga, khususnya lapangan tenis, baik yang terbuat dari bahan granit (Granit Court) maupun Plexi Pave.

    Berbagai pengalaman yang telah teruji selama lebih dari 25 (dua puluh lima) tahun dalam bidang pembuatan lapangan tenis menjadikan kami senantiasa memiliki komitmen yang tinggi dalam menjaga setiap kualitas pekerjaan yang diberikan oleh konsumen.

    Adapun tokoh sentral sekaligus otak yang ada dibalik kesuksesan dan pengalaman itu adalah Bpk. HM SUPANDI MD. Beliau adalah Pimpinan Perusahaan/ Direktur CV. SANGGAR ISTANA KLINIK BATU ALAM, yang juga sekaligus sebagai Kepala Perancang/ Ahli Pembuat Lapangan Tenis yang sudah sangat berpengalaman. Dalam setiap proyek lapangan tenis yang kami kerjakan, beliau tidak segan-segan untuk terjun langsung di lapangan guna memberikan instruksi dan arahan bagi para pekerja lapangan yang umumnya didatangkan langsung dari daerah Jawa.

    Sebagai bukti kepercayaan yang ada, berbagai proyek lapangan tenis yang telah kami kerjakan memiliki Sertifikat Berstandar Internasional (terlampir) serta mendapatkan pengakuan langsung dari berbagai instansi, baik pemerintah, swasta lokal maupun asing.

    Adapun beberapa proyek yang telah kami selesaikan, antara lain sebagai berikut:
    – Lapangan Tenis Komplek Resimen Induk Komando Daerah Militer (RINDAM) I/ BUKIT BARISAN di Pematang Siantar, Sumatera Utara; (Mendapatkan penghargaan dari Bpk. Kolonel Infanteri Lodewijk F. Paulus selaku KOMANDAN RESIMEN INDUK KODAM (RINDAM) I/ BUKIT BARISAN.
    – Lapangan Tenis BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara di Jl. Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat Berstandar Internasional yang dikeluarkan oleh Bpk. M. Roem, M. Ak, M. Comm selaku Chairman of BPKP North Sumatera, dan Bpk. A. Karim selaku Head of the Project)
    – Lapangan Tenis Kantor PERTAMINA Tkt. I Provinsi Sumatera Utara di Jl. Putri Hijau, Medan, Sumatera Utara;
    – Lapangan Tenis Gedung Keuangan Negara, oleh BRR Aceh-Nias di Jl. Cik Ditiro, Peuniti, Banda Aceh, NAD; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat Berstandar Internasional dari Bpk. Bambang Isnaeni Gunarto selaku Chief Officer)
    – Lapangan Tenis Komplek BI di Banda Aceh, NAD;
    – Lapangan Tenis Kanwil TELKOM Tkt. I Provinsi Sumatera Utara di Jl. Wolter Mongonsidi, Medan, Sumatera Utara;
    – Lapangan Tenis Komplek BI di Lhokseumawe, NAD;
    – Lapangan Tenis Kantor Bupati ASAHAN di Kisaran, Asahan, Sumatera Utara;
    – Lapangan Tenis Guest House Perkebunan Kelapa Sawit PT. Austindo Nusantara Jaya Agri (PT. ANJ Agri) di Binanga, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat dari Bpk. Koh Beng Hock selaku Chief Executive Officer (CEO) PT. ANJ Agri, dan Bpk. Pahrul Nurdin selaku Head of Engineering PT. ANJ Agri)
    – Lapangan Tenis GOR Sumatera Trading Tobacco Company (STTC) di Pematang Siantar, Sumatera Utara; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat dari Bpk. Edwin Bingei selaku Direktur Utama/ DIRUT PT. STTC)
    – Lapangan Tenis Indoor GOR POLDA Tansa Trisna di Jl. Candi Borobudur, Kebun Bunga, Medan, Sumatera Utara; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat Berstandar Internasional dari Bpk. Inspektur Jenderal Polisi (IRJEN POL) Nurudin Usman selaku KAPOLDA SUMATERA UTARA)
    – Lapangan Tenis MAKODAM I/ BUKIT BARISAN di Jl. Binjai, Medan, Sumatera Utara; (Mendapatkan pengakuan Sertifikat Berstandar Internasional dari Bpk. Mayor Jenderal (MAYJEN) TNI Lodewijk F. Paulus selaku PANGLIMA Komando Daerah Militer (KODAM) I/ BUKIT BARISAN)
    – Lapangan Tenis PEMKAB ASAHAN di Kisaran, Asahan, Sumatera Utara;
    – dan sebagainya.

    Bagi kami, kepercayaan, mutu, dan kepuasan adalah filosofi sekaligus komitmen utama dalam setiap pelayanan kami.

    Silahkan hubungi:
    – 0821 6020 5555 / 0813 7043 0874 / 0819 3141 1818 (Bpk. HM. SUPANDI MD)
    – (061) 8211895 / 8201551 (Office CV. SANGGAR ISTANA KLINIK BATU ALAM)
    – (061) 8201551 (Fax Office CV. SANGGAR ISTANA)
    – Head Office CV. SANGGAR ISTANA KLINIK BATU ALAM,
    Jl. Dr. Setiabudi No. 23, Kel. Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal, Simpang Sepakat, Titi Bobrok, Medan 20122, Sumatera Utara-Indonesia.
    – Branch Office CV. SANGGAR ISTANA KLINIM BATU ALAM,
    Jl. Dr. Setiabudi No. 31, Kel. Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal, Simpang Sepakat, Titi Bobrok, Medan 20122, Sumatera Utara-Indonesia.
    – REPRESENTATIF OFFICE JAKARTA,
    Jl. Raya Pasar Minggu No. 13 Pancoran, Jakarta Selatan 12780, DKI Jakarta-Indonesia.

    Pin BB: 237A9768
    Email:sanggaristanaklinikbatualam@yahoo.com

    Balas
  • 35. 93arif  |  Agustus 10, 2014 pukul 6:22 am

    hi,
    Benar mas dengan maju ke depan net kita dapat melihat celah lawan dan menuntaskannya tetapi kita harus waspada, saat kita maju ada beberapa celah kita terbuka.
    Kunjungi blog saya tentang share tenis
    ilmu-sport.blogspot.com

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2008
S S R K J S M
« Feb   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

RSS Berita-berita Tenis

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them ‘Love’ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They don’t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 9

Federer-Nadal 22

Federer-Nadal 21

Lebih Banyak Foto

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 846,916 aces

Kampanye “TF”


%d blogger menyukai ini: