Teknik Dasar Bermain Tenis (Grip)

Agustus 2, 2007 at 12:08 pm 71 komentar

Berikut saya akan mencoba memaparkan teknik dasar bermain tenis bagi anda-anda yang sekiranya masih pemula dan ingin sekali mencoba bermain tenis dengan benar. Tulisan ini saya gabungkan dari beberapa referensi yang saya dapat, semoga mudah bagi anda mengikutinya.

Grip (Pegangan Raket)

Saya memilih untuk membahas ini karena seringkali pemain yang baru atau belum pernah sama sekali bermain tenis terjebak pada kesalahan dasar dalam memegang raket. Saya melihat hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kebanyakan orang Indonesia yang jauh mengenal bulutangkis sebagai olahraga paling populer dimainkan di Indonesia, sehingga seringkali mengadopsi gaya pegangan raket bulutangkis.

Pegangan raket bulutangkis cenderung berada di tengah gagang, sedangkan tenis cenderung berada di ujung dari gagang raket. Contohnya bisa dilihat pada gambar berikut:

grips-copy.jpg

Menurut saya perbedaan ini dapat dimengerti dari kinetik ayunan dalam memukul bola atau kok dalam bulutangkis. Tenis cenderung menggunakan ayunan tangan dan pergerakan badan serta putaran bahu untuk memukul bola, sehingga raket dapat dianggap sebagai perpanjangan tangan dan merupakan satu kesatuan dengan badan. Ketika pegangan raket berada di titik tengah, maka akan merusak kestabilan raket dan keutuhan ayunan lengan itu sendiri. Lain halnya dengan bulutangkis yang memiliki raket dengan berat yang lebih ringan dari tenis. Bulutangkis lebih banyak menggunakan gerakan pergelangan tangan daripada keseluruhan lengan hinga bahu itu sendiri, sehingga pegangan di tengah gagang justru lebih memperkuat cengkeraman.

More...Berikut akan dijelaskan posisi pegangan tangan di gagang tenis ditinjau dari posisi pegangan raket.

grip_guide-1.jpg Umumnya gagang raket tenis berbentuk oktagonal. Kedelapan sisi tersebut dibagi menjadi sisi atas, bawah, kiri, kanan dan sudut 1, 2, 3, dan 4 (searah jarum jam) seperti yang diilustrasikan pada gambar di samping. Yang dipakai menjadi patokan dari setiap tipe grip adalah posisi dari pangkal ujung jari telunjuk kita.

 

Selanjutnya kita tinjau beberapa grip atau pegangan raket dalam permainan tenis.

1. Forehand Continental grip 

continental1.jpgGrip ini merupakan grip klasik yang selalu digunakan oleh pemain-pemain tenis jaman dahulu ketika raket kayu masih digunakan. Posisi tangan berada tepat di atas gagang raket dan posisi pangkal telunjuk berada di sudut 1 (untuk pemain tangan kanan) atau sudut 4 (untuk pemain kidal).

 Pemain pro modern yang tercatat masih menggunakan tipe ini adalah Stefan Edberg dan sebelumnya adalah John McEnroe. Grip ini sangat baik digunakan di permukaan lapangan yang cepat, seperti rumput, dan digunakan oleh pemain dengan tipe permainan ‘Service Volley’. Saat ini tidak banyak yang menggunakan tipe continental sebagai pegangan forehand utamanya karena tempo permainan yang semakin cepat dengan bola yang semakin berputar (spin). Minus grip ini adalah hanya bisa dipakai untuk pukulan mendatar (flat) dan mengiris (slice), sedangkan untuk pukulan spin agak sulit. Pemain yang memakai grip ini juga seringkali kesulitan menghadapi bola-bola top spin yang bersifat agak melambung parabolik. Akan tetapi, grip continental merupakan grip standar untuk melakukan service dan juga untuk pukulan volley serta overhead karena tangan mantap mencengkeram gagang raket.

 2. Forehand Eastern grip

eastern21.jpgEastern merupakan grip yang paling mudah diaplikasikan petenis pemula. Grip ini seringkali disebut sebagai ‘pegangan berjabat tangan’. Anda dapat mencobanya dengan memulai pegangan dari leher raket, seperti menjabat tangan, lalu turun ke ujung gagang raket. Posisi dari pangkal telunjuk cenderung berada pada sisi kanan (untuk pemain tangan kanan) atau sisi kiri (untuk pemain kidal).

Pegangan jenis ini dapat memberikan variasi pukulan yang lengkap, baik itu flat, slice, maupun spin. Pilihan grip ini cocok sekali bagi pemain yang sering mengandalkan permainan volley ke depan net karena anda dapat dengan mudah dan cepat menyesuaikan grip untuk pukulan volley ke depan net. Namun minus pegangan ini sekali lagi agak susah untuk menghadapi bola-bola topspin yang bersifat parabolik.

Salah satu pemain pro yang merajai tenis di tahun 90′an, yaitu Pete Sampras, memakai grip ini sebagai pilihannya karena dia merupakan tipikal pemain Service Volley yang sangat nyaman memakai grip ini.

3. Forehand Semi-Western grip

semi-western21.jpgGrip jenis ini adalah grip yang paling banyak dipakai oleh pemain tenis modern, terutama yang memiliki tipe permainan baseliner (termasuk saya sendiri).

Anda dapat mencoba grip ini dengan menempatkan pangkal jari telunjuk anda di sudut 2 (untuk pemain tangan kanan) atau 3 (untuk pemain kidal). Atau bisa juga berawal dari grip eastern kemudian tangan anda diputar searah jarum jam satu sudut ke sudut 2 atau 3.

Keunggulan dari grip ini adalah anda dapat memukul spin dengan baik sehingga kemungkinan bola untuk melewati net lebih besar karena sifatnya yang parabolik. Grip ini juga dapat dipakai untuk memukul flat tetapi tidak direkomendasikan untuk memukul slice. Minus dari grip ini adalah sulit untuk mengantisipasi bola-bola rendah yang dihasilkan dari pukulan flat atau slice terutama di lapangan cepat (grass atau hard court).

Beberapa contoh pemain pro yang menggunakan grip ini adalah : Andre Agassi, Roger Federer, Marat Safin.

4. Forehand Western grip 

western2.jpgGrip jenis ini merupakan grip yang ekstrim digunakan terutama untuk memproduksi pukulan topspin. Pemain spesialis lapangan tanah liat (clay) umumnya menggunakan grip jenis ini, juga banyak pemain modern saat ini.

Saya sering menyebut grip ini sebagai ‘pegangan wajan’ karena cara memegang raket ini seperti saat kita memegang gagang wajan atau panci masakan. Caranya adalah anda menempatkan posisi pangkal telunjuk pada sisi bawah dari          gagang raket. Atau anda dapat memulai dari posisi semi-western kemudian bergeser satu sudut ke sisi bawah gagang raket.

Grip ini sangat baik digunakan bagi pemain yang ingin memukul bola dengan top spin yang ekstrim. Arah bola dari hasil pukulan ini dapat melambung di atas net dan turun menurut garis parabolik yang ekstrim. Grip ini juga sangat nyaman digunakan untuk mengantisipasi bola-bola tinggi yang biasanya terjadi di lapangan tanah liat. Akan tetapi, minus dari grip jenis ini adalah tidak bisa dipakai untuk melakukan pukulan flat serta slice dan juga sangat sulit untuk mengantisipasi bola-bola slice yang jatuh rendah di lapangan cepat seperti rumput (grass) atau semen (hard court).

Pemain pro yang mengadopsi jenis grip ini umumnya merupakan pemain spesialis tanah liat seperti Rafael Nadal, Carlos Moya atau sebelumnya adalah Sergi Bruguera.

 

(To be continued)

 

 

 

 

 

About these ads

Entry filed under: Grip, Tennis Tutorials. Tags: .

Sejarah Tenis Klasik (2) ATP Tour Tennis Highlights

71 Komentar Add your own

  • 1. shaltz  |  Januari 6, 2008 pukul 8:45 am

    sangat bagus penjelasanya.tapi macam mana mengira kiraan mata?

    Balas
    • 2. indra  |  Mei 4, 2010 pukul 7:55 pm

      tai lah

      Balas
  • 3. Ikman  |  Februari 19, 2008 pukul 3:49 pm

    Mas senang sekali menemukan blog ini sangat membantu bagi kita yang pemula. Selama ini saya cari tutorial dari Youtube, eh ini ketemu yang berbahasa Indonesia lebih komunikatif Thanks

    Balas
  • 4. prasso  |  Februari 20, 2008 pukul 1:33 pm

    @Ikman
    Terima Kasih mas Ikman. Semoga blog ini bisa membantu sapa saja yang nyari referensi mengenai cara bermain tenis

    Balas
  • 5. Dedy  |  Maret 6, 2008 pukul 11:29 am

    sy pemain pemula, dan pengetahuan sy sangat minim tentang tenis. penjelasan mas Ikman telah sangat membantu. Tks v m.

    Balas
  • 6. prasso  |  Maret 10, 2008 pukul 4:25 pm

    @dedy
    halo mas Dedy salam kenal ya….Hidup tenis!!! :-)

    Balas
  • 7. Iwhan Agung  |  Maret 16, 2008 pukul 1:34 am

    Malem mas Dedy….waaah bermanfaat bgt nih buat aku yg mash amateur. Hiduup mas Dedy thanks berat yak

    Balas
  • 8. Iwhan Agung  |  Maret 16, 2008 pukul 1:35 am

    Eh salah mas……

    Malem mas “Dedy”….waaah bermanfaat bgt nih buat aku yg mash amateur. Hiduup mas “Dedy” thanks berat yak

    mas Prasso maksudnya

    Balas
  • 9. prasso  |  Maret 24, 2008 pukul 9:46 am

    @Iwhan
    Hehehe….tengkyu mas Iwhan, sering-sering ya mampir ke blog saya :-)

    Balas
  • 10. EDO  |  Juni 2, 2008 pukul 11:14 am

    mas, thank untuk infonya. kalau mau cari CD cara bermain tenis untuk pemula dimana ya?

    Balas
  • 11. aniza  |  Juli 11, 2008 pukul 12:39 am

    hmm…
    keren bgd penjelasannya…

    saya ud suka tennis sejak lama,namun baru skrng sy beraniin diri utk main tennis…
    pd awal sy takut utk bermain tennis…
    setelah mendapatkan penjelasan dr mas deddy…
    sy langsung ingin cepat2 nyoba tennis…

    makaci yach…

    Balas
  • 12. daryo  |  Juli 30, 2008 pukul 11:52 am

    penjelasannya sangat bermanfaat buat kita yang lagi mulai mengeluti tennis..thanks

    Balas
  • 13. Agung Aji Pratama  |  Agustus 8, 2008 pukul 5:24 pm

    define: tenis

    Balas
  • 14. euis  |  Agustus 28, 2008 pukul 12:46 pm

    trimakasih…bermanfaat sekali buat saya..

    Balas
  • 15. yuli  |  Agustus 30, 2008 pukul 5:08 pm

    blognya sangat membantu saya untuk mengenal bulu tangkis.Karena saya adalah pemula,jadi dapat belajar teknik – teknik dasar bulu tangkis dari blog ini.saya mau tanya jadwal pertandingan bulu tangkis untuk pelajar sma dan kapan OASN di selenggarakan

    Balas
  • 16. aulia  |  Oktober 10, 2008 pukul 10:00 am

    mas, numpang ngopy ya..baru 2 hari nih belajar tenis…
    kpn2 maen ke blogku yo..
    slm kenal

    Balas
  • 17. anung  |  Oktober 29, 2008 pukul 5:21 pm

    kok gak ganti2 dan nambah tema……….salam buat anak olahraga se-Indonesia

    Balas
  • 18. andri  |  November 30, 2008 pukul 12:54 pm

    Halo, Salam kenal ,saya Andri dari Bandung,terima kasih atas penjelasannya, kalo ada ilmu laen tolong dibagi bagi, saya penggemar dan pemain tenis tapi hanya sebatas hobi.
    saya pemain kidal kayak Nadal.
    Setiap pertandingan tenis di Bandung baik lokal maupun international saya hampir pasti nonton
    Maklum saya termasuk maniak tenis, saya backhandnya tangan dua lho, kayak nadal lagi nih…
    Saya paling seneng nonton pertandingan grandslam di tv, pengennya sih nonton langsung he he… belum bisa.
    Saya paling seneng buka tenis di youtube….
    Saya sekarang lagi di Palembang.
    Kebetulan di hotel tempat saya menginap ada hotspot, karena saya maniak tenis maka saya sempatkan mencari artikel tenis, hehe maklum pengen maen tenis dengan sempurna, tapi belum bisa.
    OK sampai ketemu lagi.

    Salam Hormat.

    Balas
  • 19. inoe  |  Desember 2, 2008 pukul 1:47 am

    terima kasih ilmunya, saya pemula, saya kok kesulitan jika memakai grips nomor 2 dan 3 untuk memukul backhand, saya tunggu sarannya , cepet ya mas nggak pakai lama maklum uda ngebet, thanks a lot

    Balas
  • 20. TEZUKA KUNIMITSU  |  Desember 3, 2008 pukul 11:30 am

    saya mengucapkan terima kasih karena saya bisa bertanding dalam turnamen tenis se-pryangan.

    Balas
  • 21. dwi frahmanta  |  Desember 12, 2008 pukul 12:49 pm

    Thanks mas… bagus banget ilmunya

    Balas
  • 22. Edy gunawan  |  Desember 13, 2008 pukul 2:42 pm

    Cita2 q ingin jdi pemain bulu tangkis dunia.

    Balas
  • 23. ardi  |  Desember 24, 2008 pukul 11:25 am

    mas dedy, mbok animasi tentang pukulan2 dalam tenisnya ditambah… adios tenios……

    Balas
  • 24. abdo  |  Januari 15, 2009 pukul 8:55 pm

    thanks alot ….

    Balas
  • 25. Marold  |  Januari 16, 2009 pukul 9:41 am

    Wah, tulisan yang komunikatif sekali.. Saya tidak sabar untuk mempraktekkannya..

    Saya baru akan memulai bermain tenis.. Saya kemarin baru membeli raket tenis k-surge dan semakin meragukan keasliannya karena mendengar berita maraknya peredaran raket palsu.. Saya berharap semoga tidak mengganggu pembelajaran saya,

    Balas
  • 26. yosi  |  Februari 18, 2009 pukul 7:07 am

    Bagus penjelasannya, saya sendiri sdh lama main tenis, tp untuk mengubah pukulan flat menjadi top spin sangat susah. Benar bahwa top spin sangat susah dikembalikan oleh pemain2 dg pukulan flat, tp kalau spinnya tdk terlalu kencang putarannya justru lebih enak dikembalikan dg pukulan flat yg keras.
    Mungin ada baiknya ditambahkan dalam blog ini cuplikan2 video pukulan dari pemain2 dunia lainnya.

    Balas
  • 27. atik  |  Februari 24, 2009 pukul 2:00 pm

    maksih tipsnya…

    Balas
  • 28. Alexwebmaster  |  Maret 3, 2009 pukul 4:35 pm

    Hello webmaster
    I would like to share with you a link to your site
    write me here preonrelt@mail.ru

    Balas
  • 29. agus ahab  |  Maret 4, 2009 pukul 10:39 am

    terima kasih ya, atas info seputar tenis, sebagai pemula info tenis ini sangat bermanfaat, yang paling sulit adalah cara servis yang tepat dan benar, bagaimana??

    Balas
  • 30. bayufajar  |  Maret 5, 2009 pukul 2:23 pm

    ya..ya..ya..baguzzz,buat para pemula…ini cocok buat belajar dasar

    Balas
  • 31. veicha  |  Maret 18, 2009 pukul 5:36 pm

    thankzz
    Q jd bsa nYari tGas b.indo

    Balas
  • 32. adipratama  |  Maret 21, 2009 pukul 7:47 pm

    ak sangat menymbut baik karena ak ini kan petenis pemula jadi ak mencari pengetahuan tenis …………. makasih

    Balas
  • 33. erozt  |  Maret 30, 2009 pukul 3:18 pm

    blog yg bgz;;;:p
    saya lgi suka nonton kartun tennis = “Prince of tennis”
    jdi kepengen maen…tennis…
    biz cool bgt para petenis ya walaupun q lum iza?:p
    thx alot!!!!
    arigato no thx!!!

    Balas
  • 34. hafid  |  April 4, 2009 pukul 12:46 am

    terima kasih. . .:D sangat bermanfaat bagi saya. . . . .

    Balas
  • 35. Fajar Nugroho  |  April 8, 2009 pukul 2:28 pm

    sangat membantu saya untuk memperbaiki forehand saya. karena forehand saya sangat tidak konsisten….lagi cari penyebabnya nih Mas..thank

    Balas
  • 36. Henrawan  |  Mei 27, 2009 pukul 8:51 am

    Percaya Anda bahwa saya berumur 74 tahun.Tapi masih main tennis tentunya double masih bisa longset. Dua jam nonstop masih
    kuat . Mulai main dari umur 25 tahun.Tanpa pelatih.Tanpa guidenbook.Berawal dari badminton.Sudah bisa nebak kan macem
    apa permainan tennis saya.Syukur banget ada bahasan dicomputer sangat membantu banget terutama grip.Paragaan video
    nya mana? Itu sangat membantu bagi para pemula,he he he untuk
    kakek juga. Terima kasih.Thanks banget.Bravooo teeenniiss!

    Balas
  • 37. Henrawan  |  Mei 27, 2009 pukul 9:00 am

    Ulasan tennis ini menurut saya sangat-sangat baik.Terutama bagi
    para pemula dan juga bagi para pemain yg berawal dari badminton.
    Cara megang raketnya sakarep insun.Thanks.

    Balas
  • 38. yoyok  |  Juni 1, 2009 pukul 8:56 am

    makasih ulasannya…sippp.
    tapi alangkah baiknya kalo disertai video tutorialnya

    Balas
  • 39. ROMI  |  Juli 7, 2009 pukul 2:47 pm

    TOLONG BILA ADA REKANS PUNYA VIDEO TEKNIK BULUTANGKIS VERSI DJARUM /INDONESIA

    INFO KE 081323208002

    Balas
  • 40. hendri  |  Juli 14, 2009 pukul 5:55 pm

    ehhh… mas.. kalo udah belajar teoriya bisa gak menjadi jaminan jadi atlet ?

    Balas
  • 41. AtuKa  |  Agustus 14, 2009 pukul 11:00 am

    Thx….MaNtaP>>>>>>!!!!!

    Balas
  • 42. Danni  |  September 7, 2009 pukul 9:59 am

    Halo saya dari Natuna , bisa ditambah lagi sama dvd ya

    Balas
  • 43. Djay  |  Oktober 19, 2009 pukul 11:10 am

    tes kirim sa…..

    Balas
  • 44. Djay  |  Oktober 19, 2009 pukul 11:14 am

    Hallo Natuna,,
    Kalau mau DVD Hub. Djaylolo
    Di No. 081356967883

    Balas
  • 45. Emmus Sting  |  Oktober 19, 2009 pukul 11:37 am

    saya pemuda berumur 29 tahun, saya baru belajar tennis sudah 1 bulan dengan durasi latihan seminggu 2 kali.
    mohon saran dan info bagaimana caranya saya bisa bermain dengan baik.

    Balas
  • 46. dolit  |  Oktober 22, 2009 pukul 1:06 pm

    saya pemuda berumur 20 thun , saya sdh lma menekuni bermain tenis tp knp kadang pukulan saya bagus dan kdang2 jelek.
    mohon sarannya?????

    Balas
  • 47. fullah  |  November 11, 2009 pukul 9:18 pm

    Trimakasih atas penjelasannya semoga bermanfaat bgy smua n tambah suksessssssssssssss!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 48. iMeyin994  |  November 12, 2009 pukul 7:36 pm

    yes….!! aciiiiikk…!! Thank’s buangetz yaw maz.., minta izin tak copy buat tugas kuliah. maturnuwun….. “Hidup JPOK UNS”

    Balas
  • 49. ariberbagi2  |  November 14, 2009 pukul 11:28 am

    makasih om…….aq copy yach…..ni ngebantu banget buat kerjain tugas…………..

    kunjungan balik ya bos!!!!~

    Balas
  • 50. Teknik Dasar Bermain Tenis « Alimfik's Blog  |  Desember 4, 2009 pukul 2:08 pm

    [...] Teknik Dasar Bermain Tenis (Grip) [...]

    Balas
  • 51. ipin  |  Januari 7, 2010 pukul 7:12 pm

    makasih

    Balas
  • 52. dwi  |  Januari 21, 2010 pukul 10:20 am

    VIdeonya mana bos biar lebih jelas

    Balas
  • 53. Evan  |  Januari 26, 2010 pukul 7:24 pm

    Silakan nikmati video berikut

    DIsitu diperlihatkan bahwa RF forehand grip adalah eastern.

    Balas
  • 54. hakmal  |  Februari 2, 2010 pukul 2:58 pm

    terima kasih banyak..
    penjelasannya telah membantu saya dalam kuliah di FPOK UPI.
    ada mata kuliah analisis mekanika cabor..
    tadi kami dibagi kelompok dan saya kebagian cabang tenis lapangan..
    ada penjelasan tentang cara service yang baik?
    skali lagi terima kasih banyak…

    Balas
  • 55. knowboo  |  Februari 4, 2010 pukul 10:33 am

    thanx atas penjelasaanya…
    sangat bermanfaat..
    slm knal…

    Balas
  • 56. der purwadi  |  Februari 8, 2010 pukul 7:24 am

    gima cara berlatih yang benar agar tidak cedera???????

    Balas
  • 57. ikwan  |  Februari 10, 2010 pukul 12:15 pm

    salam kenal dr polda jambi,pak sy pegangan semi western grip tapi pukulan kurang maximal dalam arti kwalitas pukulan kurang mematikan .thks

    Balas
  • 58. caroko  |  Maret 3, 2010 pukul 11:51 am

    mengapa net tenis lapangan posisi tengan lap.lebih rendah yha…
    tolong bantu aku… trim jawabanya

    Balas
  • 59. isnandar  |  April 12, 2010 pukul 9:18 am

    Salam kenal…………………
    sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih,karna saya sudah menemukan blok ini,dari itu saya sudah menemukan banyak tentang teknik tenis ini.& sudah mengetahui banyak pengertian tenis ini.
    Sekian……………………………………….Byeeeeeeeeeeeeeeeee…………………………

    Balas
  • 60. wardana  |  Juni 1, 2010 pukul 5:10 pm

    tenis olah raga paling hebooooooh,,,, sulit cara mainininya dan bth modal banyak

    Balas
  • 61. catur  |  Juni 2, 2010 pukul 11:03 pm

    dmna cara biar pegangan raket selalu kuat ga goyang wktu dorong bola….?

    Balas
  • 62. yulianti  |  Juli 16, 2010 pukul 12:20 pm

    qo gambar yg pertama itu kaya cara pegang raket badminton yah??? atau memang sama ? :D

    Balas
  • 63. Chris Manarisip Manado  |  Agustus 14, 2010 pukul 12:14 pm

    Untuk penulis blog, terima kasih. Tapi tolong lanjutkan dengan teori bermain tennis lainnya. Saya dari keluarga miskin, tapi bangga karena anak saya yang jadi ball kid, sekarang sudah lumayan permainannya. Double hand backhand-nya swingnya bagus sekali. Bisa flat and crossing. Forehand and volleynya juga jalan bagus. Saat menjadi private coach untuk sang anak yang ball kid. Makanya, senang kalau dapat lanjutan teorinya. Sekarang tinggal fighting spiritnya yang perlu dibenahi. Supaya berani ikut pertandingan junior, sebab baru umur 13 tahun plus. Chris Manarisip, lapangan tennis Sario Manado.

    Balas
  • 64. jakfar  |  Desember 5, 2010 pukul 8:46 pm

    Bos, numpang copy paste isi web-nya ya…

    thx sebelumnya.

    Balas
  • 65. chika  |  Januari 22, 2011 pukul 2:41 pm

    ehm, thanks banged ya. mga’ petenis” wanita bsa lebih maju dan mengharumkan nama bangsa yg udah ancur ini, he he

    Balas
  • 66. mazrysyed  |  Januari 27, 2011 pukul 1:24 am

    bagaimana mengekalkan pukulan top spin supaya bola dapat melepasi jaring

    Balas
  • 67. Tiur Lubis  |  Januari 27, 2011 pukul 4:48 pm

    saya pemain pemula. bisa kirimkan cara memukul bola tenis yang benar dan bagaimana cara menghitung angka dalam permainan tenis???? Trimakasih dan salam sehat.

    Balas
  • 68. Bhayu Senoaji Dwi P  |  Mei 8, 2012 pukul 12:07 am

    ingin dvd / video tenis berkualitas? kunjungi web jualan online di DVDolahraga.com

    Balas
  • 69. Sutrisno  |  Februari 13, 2014 pukul 11:13 pm

    wah koyone angel tenan po tenis kuwi cekelane raket okeh modele tolong aku diajari mas

    Balas
  • 71. ruslan, ampana sulteng  |  November 17, 2014 pukul 7:30 am

    mksh mas ats penjelasannya meskipun singkat tp bs jadi modal utama pemain pemula………

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Agustus 2007
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Isi Buku Tamu “TF”

Arsip Tenis Freak

Tennis Freak Links

Tennis Quote

" I think about that sometimes - learning to play in a parking lot, stringing nets between cars. I learned to play by hitting against a brick wall, not a ball machine or other players. And my Father was my coach - teaching me from a twenty year-old book. When I hear people say that you can't make it in tennis if you don't have a lot of money, I know they're wrong. We didn't have much money. But I loved the sport and that was enough."

- Monica Seles -

Tennis Jokes

Q. What do you serve but never eat?
A. A Tennis ball.

Q. Why you should never fall in love with a tennis player?
A. To them ‘Love’ means nothing.

Q. Why are fish never good tennis players?
A. They don’t like getting close to the net.

Q. Why is tennis a noisy game?
A. Because each player raises a racket.

Poto-poto Flickr

Federer-Nadal 2

Federer-Nadal 1

Federer-Nadal 3

Federer-Nadal 4

Federer-Nadal 18

Federer-Nadal 25

More Photos

Yang ngakses “TF”

Informasi pengunjung TF

Kontak kami @

or


Subscribe to my feed RSS

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia





Tennis Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Subscribe with Bloglines

TF Blog Statistik

  • 643,124 aces

Kampanye “TF”


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: